Tools Penting untuk Blogger Pemula

Tools Penting Untuk Blogger

Tools Penting untuk Blogger – Blogging adalah sebuah aktivitas dimana seseorang bisa menuliskan pengalaman pribadi mereka, atau bahkan artikel artikel menarik, yang memberikan informasi kepada pembaca.

Ada banyak tujuan yang dipilih para Blogger, ketika ingin membuat blog pertama mereka. Ada yang hanya sekedar membagikan artikel berdasarkan pengalaman, atau pun menghasilkan pundi-pundi rupiah dari Blog yang mereka bangun.

Tentunya ada banyak cara yang dilakukan. Mulai dari membuat blog secara gratis, mencari panduan dalam membuat blog, atau bahkan membangun blog berbayar dengan membeli hosting ataupun domain TLD (top level domain).

Namun kali ini kita akan membahas perihal Tools penting untuk para Blogger, yang baru saja mulai membangun Blog nya.

Apa sajakah itu?

Read More

Browser

Terdengar sepele memang, namun ternyata, tak sedikit para Blogger yang sangat selektif dalam menggunakan Browser mereka. Baik itu karena alasan fitur, atau bahkan kenyamanan.

Namun, pengguna Browser juga dipengaruhi oleh Spesifikasi dari perangkat kamu, baik itu Komputer atau Laptop.

Sebagaimana kita ketahui, ada 2 Browser terbaik yang digunakan para Blogger, yang paling dikenal adalah Mozilla Firefox, dan Google Chrome. Saya pribadi menggunakan kedua browser ini.

Namun, saya lebih sering menggunakan Mozilla Firefox, dengan alasan penggunaan RAM yang terbilang lebih rendah daripada Google Chrome. Salah satu kekurangan dari Google Chrome sendiri, adalah Consumable RAM atau Usage RAM dari browser ini sangat besar.

Tapi gak masalah jika kamu memiliki perangkat dengan RAM diatas 4GB, dan menggunakan Google Chrome sebagai Browser utama kalian.

Notepad

Ini salah satu Tools yang pastinya ada di setiap Operating System Komputer atau Laptop. Yaps, Notepad adalah favorit saya ketika menulis Artikel.

Mengapa demikian? Sebab, ketika saya sedang mencari informasi dari website lain, saya lebih senang membuka notepad untuk mencatat Informasi penting dari website referensi saya.

Mengapa tidak menggunakan Microsoft Word? Untuk saya pribadi, Microsoft Word memakan waktu yang cukup lama ketika dibuka. Terlebih, jika spesifikasi perangkatmu masih kentang atau dibawah rata-rata.

Semua kembali kepada kecepatan dan kenyamanan saya dalam mengolah Ide daripada Artikel yang akan dibuat.

Selain Notepad, ada juga beberapa tools serupa yang bisa kamu gunakan, seperti Evernote, Keep Notes, ataupun Dark Room.

Photoshop

Sudah tau kan apa fungsi daripada Tools yang satu ini? Photoshop adalah aplikasi yang membantu kamu dalam melakukan editing foto, ataupun melakukan retouching pada gambar.

Saya lebih prefer menggunakan tools ini untuk membuat visual konten pada artikel yang saya buat. Tentunya, ini bisa menjadi pelengkap ketika audiens membaca artikelmu.

Untuk versi Photoshop yang saya gunakan (dulu) adalah Photoshop CS3. Namun saat ini, saya menggunakan Adobe Photoshop CC 2017.

Mengapa saya betah menggunakan Photoshop CS3? Sebab, Photoshop CS3 tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi untuk diinstall, dan tidak terlalu berat untuk di operasikan.

Kenapa sekarang menggunakan Photoshop CC 2017 dan bukan yang terbaru? Pertama, saya sudah melakukan Upgrade pada komputer yang saya gunakan, yakni menambahkan kapasitas RAM menjadi lebih besar daripada sebelumnya.

Dan untuk versi dari Photoshop, saya tidak sembarang menginstall nya begitu saja. Melainkan mencari Informasi lebih dulu, soal compability daripada versi yang saya gunakan, dengan Operating System komputer saya.

Dan yang saya temukan adalah Photoshop CC 2017. Tapi, kalau kamu tidak begitu ahli menggunakan Photoshop, kamu bisa mendapatkan gambar gratis dengan kualitas HD, seperti yang sebelumnya saya tulis disini.

Google Webmaster Tools

Sudah tau Tools ini? Jika belum, saya akan menjelaskan sedikit.

Google Webmaster Tools adalah situs yang dimiliki Google, untuk para pemilik website atau Blog, untuk mengoptimasikan kinerja atau performa daripada website yang dibangun.

Saat ini, Google Webmaster Tools sudah berubah nama menjadi Google Search Console, namun untuk fitur yang ada didalamnya tidak berubah. Hanya sedikit tampilan saja yang berubah.

Didalam GSC (Google Search Console) ini, kamu bisa melihat bagaimana peningkatkan website atau blog kamu perform di halaman pencari Google.

Tak sampai situ saja, kamu bisa submit sitemap, ataupun membenahi error yang terjadi para struktur website dan blog kamu. Sehingga, akan menjadi lebih baik lagi pastinya.

WordCounter

Sama seperti GSC, WordCounter adalah sebuah situs yang membantu kamu untuk melihat jumlah kata dalam artikel yang kamu buat. Karena, saat ini sudah banyak para Blogger yang memiliki standar 500 kata dalam artikelnya.

Maka dari itu, kamu bisa melihat sudah sampai manakah artikelmu memenuhi standar jumlah kata.

Responsinator

Tools ini akan membantu kamu untuk melihat, apakah websitemu sudah responsif atau belum, terutama untuk perangkat mobile. Kamu bisa mengunjungi situs ini di Browser mu.

Mengapa hal ini perlu? Sebab, saat ini Google lebih mengutamakan indexing pada robot crawler mobile. Sehingga, jika website kamu tidak responsif secara mobile, maka website mu kecil kemungkinan mudah di index Google.

Dengan begitu, kamu bisa sedikit berbenah dari struktur HTML, agar website atau Blog yang kamu bangun, terlihat responsif di antar perangkat.

Konklusi

Itu dia beberapa Tools yang bisa siapkan terlebih dulu, sebelum mulai membuat Blog. Tentunya masih ada beberapa Tools lain yang tak kalah pentingnya. Namun, untuk seorang Blogger pemula, sepertinya Tools diatas tak boleh terlewatkan. Semoga bermanfaat.

5/5 – (5 votes)

SIMILAR POSTS

Related posts