Google Core Update Maret 2024: Hal yang perlu diketahui

5/5 – (1 vote)

Google core update maret 2024 ini berfokus pada kualitas konten, dan kebijakan spam terbaru.

Ringkasan

  • Pembaruan algoritma Google di maret 2024 ini berfokus pada peningkatan hasil SERP atas kualitas konten dan kebijakan baru tentang spam.
  • Google berfokus untuk menghapus sekitar 40% konten yang tidak berkualitas dan tidak original.
  • Kebijakan spam bertarget pada penyalahgunaan konten, manipulasi reputasi situs, dan penggunaan PBN dengan expired domain.

Google mengumumkan pembaruan yang cukup signifikan pada update algoritmanya kali ini, yang juga disebut dengan core update.

Pada core update ini, Google berfokus pada kebijakan hasil pencarian atau SERP guna mengurangi spam dan konten berkualitas rendah.

Pembaruan ini juga mencakup bagaimana pemilik website atau blog untuk meningkatkan kualitas konten yang mereka buat, dan mengurangi spam.

Read More

Google Core Update March 2024

Berikut ini adalah ulasan lengkap yang saya dapat dari Search Engine Journal pada core update maret 2024.

1. Peningkatan Kualitas pada Hasil Pencarian (SERP)

Pada core update 2024 ini, Google memiliki goals untuk meningkatkan hasil pencarian pada peringkat Google dengan konten yang berualitas.

Hal ini juga sesuai dengan statement yang disampaikan Google sebelumnya:

“We believe these updates will reduce the amount of low-quality content in Search and send more traffic to helpful and high-quality sites. Based on our evaluations, we expect that the combination of this update and our previous efforts will collectively reduce low-quality, unoriginal content in search results by 40%.”

Sebetulnya core update ini sendiri sudah berjalan sejak 2022 lalu, dan Maret 2024 ini merupakan kelanjutan dari tindakan tersebut yang sudah disempurnakan.

2. Kebijakan Spam Baru

Selain melakukan filter pada konten yang muncul di hasil pencarian, Google juga memperbarui kebijakan spam pada konten dengan kualitas rendah di hasil pencarian.

Kebijakan ini juga sesuai dengan statement Google sebelumnya:

“We’ll take action on more types of these manipulative behaviors starting today. While our ranking systems keep many types of low-quality content from ranking highly on Search, these updates allow us to take more targeted action under our spam policies.”

Lagi dan lagi, kebijakan spam ini juga berfokus pada konten yang kurang berkualitas dan tidak relevan namun mendapatkan rank 1 di pencarian Google.

Lebih jauh, Google mengatakan jika low-quality content yang dimaksud mencakup beberapa jenis, seperti:

  1. Konten yang dibuat untuk memanipulasi ranking keywords dengan keywords stuffing.
  2. Konten yang dibuat dengan menjiplak (tidak original).
  3. Konten yang dibuat tanpa adanya data yang valid.
  4. Konten yang dibuat dengan menggunakan automation (AI) tanpa perubahan.
  5. dan lain sebagainya.

3. Penyalahgunaan Konten Berskala Besar

2023 lalu dikenal sebagai tahun AI, di mana kita bisa menemukan banyak website yang mempermudah pekerjaan kita.

Namun siapa sangka, trend ini justru sering disalahgunakan beberapa oknum dalam membuat konten.

Maka dari itu, di core update 2024 ini Google memperkuat kebijakannya terhadap penggunaan AI untuk membuat konten yang dikategorikan sebagai konten berkualitas rendah dan tidak orisinil.

Kebijakan ini juga difokuskan pada pemilik website yang memang membuat konten melalui AI dalam skala besar, guna memanipulasi hasil di SERP terlepas dari apakah konten tersebut dibuat dengan AI, manusia, atau kombinasi keduanya.

4. Penyalahgunaan Authority Website

Google juga berfokus pada penyalahgunaan authority website yang sebenarnya ini cukup krusial menurut saya.

Hal ini berkaitan dengan link building yang mana jika situs A memiliki authority yang baik, memberikan backlink untuk situs C yang notabenenya memiliki konten dengan kualitas rendah, maka hal ini masuk dalam penyalahgunaan authority website.

Tentunya hal ini sering kali ditemukan pada beberapa website dengan harapan mereka mendapatkan backlink dari situs yang memiliki authority tinggi.

Namun menurut Google hal tersebut adalah pelanggaran.

Sebab, situs A tadi ikut ambil andil untuk memanipulasi situs C untuk meningkatkan authority mereka.

Diharapkan pemilik website dapat lebih mawas dan pintar dalam melakukan link building dengan menentukan situs mana yang sekiranya relevan dan tidak memiliki konten dengan kualitas rendah.

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh yang diberikan Google mengenai hal ini:

“For example, a third party might publish payday loan reviews on a trusted educational website to gain ranking benefits from the site. Such content ranking highly in Search can confuse or mislead visitors who may have vastly different expectations for the content on a given website.”

5. Penyalahgunaan Expired Domain

Masih dengan pembaruan kebijakan spam, Google juga berfokus pada penyalahgunaan expired domain.

Karena biasanya, banyak petisi SEO yang membeli expired domain dan digunakan sebagai PBN untuk memberi backlink, atau meningkatkan pencarian di SERP Google, dengan konten se-adanya (low-quality content).

Beberapa tahun lalu, praktik ini memang cukup worth untuk dilakukan.

Namun ternyata, pada core update 2024, Google mulai mengambil tindakan tegas untuk hal tersebut.

Kesimpulan

Dari beberapa core update di maret 2024 ini, ada poin penting yang bisa kalian terapkan, guna mengikuti pembaruan yang terjadi, seperti:

  1. Buat konten yang berkualitas dan menjawab kebutuhan audiens – tingkatkan kualitas konten dengan informasi yang tepat, valid dan menjawab kebutuhan audiens.
  2. Tingkatkan kualitas, bukan kuantitas – pastikan kamu membuat konten sesuai dengan kebutuhan audiens, kamu tidak harus mem-publish 5-7 artikel per hari.
  3. Tingkatkan authority website – dalam membangun link building, pastikan kamu mendapatkan backlink yang relevan dengan websitemu dan bukan hasil spam.
  4. Perbaiki kualitas penulisan – buatlah artikel dengan bahasa yang mudah dipahami, to the point dan tidak membuat pembaca merasa bingung.
  5. Fokus pada organic search – lakukan keyword research dari segi keyword utama dan juga turunannya (intent) guna memudahkanmu untuk membuat konten sesuai kebutuhan audiens.
  6. Pahami masalah dan audiensmu – jadilah expert di satu topik, berikan jawaban atas masalah audiens sebagai nilai lebih jika kamu expert di bidang tersebut.

Dan itulah tadi pembahasan mengenai Google core update maret 2024. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat!

Related posts