Android

Perbedaan Kernel Oldcam dan Newcam pada Android

heyaiz Written by heyaiz · 58 sec read >
perbedaan kernel oldcam dan newcam

Bagi pengguna Android yang sering melakukan oprek seperti root atau bahkan melakukan tweaking, biasanya sudah tidak asing dengan Custom ROM dan juga Custom Kernel.

Sebagaimana kita tau, para user yang menggunakan Custom ROM dan Custom Kernel biasanya bertujuan untuk memaksimalkan perangkat mereka, dalam penggunaan harian atau daily usage.

Sebab, terkadang ROM dan juga Kernel bawaan dari Android default, terkadang masih kurang maksimal bagi sebagian user. Maka dari itu, mereka lebih senang menggunakan Custom ROM ataupun Custom Kernel.

Seperti Custom ROM, Custom Kernel juga memiliki bermacam tipe, seperti Oldcam dan juga Newcam. Tapi, buat kamu yang belum mengerti apa itu kernel, kamu bisa baca artikel Apa itu Kernel? Penjelasan, Manfaat, dan Cara Installasi Kernel Android.

Perbedaan Kernel Oldcam dan Newcam

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas perbedaan antara Kernel Oldcam dan Kernel Newcam.

  • Kernel Oldcam : adalah Kernel yang biasa diinstall pada Android 9 / 10 dan bisa diinstall pada Custom ROM dengan Base AOSP seperti Corvus, Havoc, Pixel Experience, EvoX, dll (tiap Devices akan berbeda support Custom ROM nya).
  • Kernel Newcam : Kernel yang bisa diinstal pada Android 9 (untuk Custom ROM dengan Base MIUI), dan Android 10 (untuk Custom ROM dengan Base MIUI dengan tambahan Patch Kernel)

    Adapun Custom ROM dengan Base Stock MIUI, yakni Masik, MIUI ROM, dan lain-lain.

Catatan : untuk kamu yang ingin mencari Custom ROM ataupun Custom Kernel untuk perangkat Xiaomi, kamu bisa mengunjungi situs XiaomiGeekID untuk lebih lengkapnya.

Akhir Kata

Itu dia penjelasan singkat mengenai perbedaan Oldcam dan Newcam pada Custom Kernel. Jika kamu ingin menggunakan Custom Kernel dengan base Oldcam atau Newcam, pastikan kamu sudah mencari tau lebih lanjut mengenai Support atau tidaknya Custom Kernel dengan Custom ROM yang kalian gunakan. Semoga bermanfaat.

Written by heyaiz
Seorang content writer pemula yang hobi ngopi, nongkrong, dan menikmati kehidupan yang fana. Punya akun Instagram, dengan username @heyaiz Profile