Gadget

Apa itu Kernel? Penjelasan, Manfaat, dan Cara Installasi Kernel Android

Heyaiz Written by Heyaiz · >
apa itu kernel

Apa itu Kernel ? – Kernel adalah sebuah program atau system inti dari sebuah Operaing System (Android, Komputer, iOS) yang mengatur segala komponen lain yang ada pada System Android. Pada penerapannya, Kernel akan mengatur beberapa hal penting dari Android, seperti kinerja Baterai, Sinyal, dan juga Hardware lain seperti Kamera, Flashlight, dan lain hal.

Apa itu Kernel?

Dalam artian yang lebih luas, Kernel pun memiliki Arti yang sama seperti yang tertulis di paragraph awal, dan ada di tiap perangkat. Jika kamu menggunakan perangkat Komputer atau Laptop, kedua Devices ini pun memiliki Kernel sebagai perangkat lunak pertama sebelum melakukan Booting atau proses menyalakan Komputer atau Laptop.

Selain itu, Kernel juga bisa ditemukan di beberapa perangkat Mobile lain seperti iOS. Hanya saja, Kernel lebih terkenal diprogram melalui Operating System Linux, maka dari itulah banyak sekali para Developer Kernel, yang mengembangkan Kernel untuk Perangkat Android.

Dalam Operating System Android, Kernel sendiri terbagi menjadi 2, yakni Kernel Default dan juga Custom Kernel.

Apa itu Kernel Default?

Kernel Default atau sering disebut dengan Kernel Bawaan adalah Kernel yang di program dengan Standarisasi bawaan dari perangkat Android. Sehingga, tidak ada fitur spesial yang dihadirkan didalamnya. Namun, tetap dengan perhitungan atau spesifikasi dari Perangkat Android yang menggunakan kernel ini.

Apa itu Custom Kernel?

Custom Kernel adalah tipe kernel yang sudah di Develop / dikembangkan ulang oleh para Developer Kernel Android, dengan penambahan fitur yang tidak ada pada kernel bawaan. Biasanya, Custom Kernel sendiri sudah diprogram atau di develop ulang untuk kinerja yang lebih baik.

Semisal, ada kernel yang dikhususkan untuk Gaming, ada Kernel yang dikhususkan untuk Menghemat Baterai, dan masih banyak lagi. Semua itu disesuaikan dengan perangkat yang support dengan Kernel tersebut.

Apa Manfaat dari Kernel?

Tentunya Kernel sendiri memiliki fungsi dan peran yang sangat penting bagi tiap perangkat seperti Android. Dengan adanya Kernel, sebuah System Operasi akan dengan mudah menterjemahkan bahasa program ke bahasa mesin.

Tujuannya apa? Tentu untuk mempermudah Operating System untuk menjalankan perintah dari bahasa program, yang akan dilakukan oleh mesin / komponen lain didalam Android.

Dan untuk pengguna, tentunya akan mempermudah dalam memahami User Interface atau tampilan dari bahasa mesin yang ditampilkan, setelah di terjemahkan dari bahasa program melalui kernel.

Misal, bahasa pemrogramman (didalam kernel) menuliskan perintah untuk tampilkan text Selamat Datang, karena mesin tidak mengerti bahasa program tersebut, maka kernel akan menterjemahkan bahasa program tersebut, sehinga mesin dapat menampilkan interface berupa Teks Selamat Datang, yang bisa dipahami oleh pengguna / User.

Bagaimana Cara Kerja Kernel pada Android?

Untuk implementasinya sendiri, Kernel Android tidak bekerja sendiri. Sebab Kernel mempengaruhi atau memperintahkan beberapa Perangkat lain dan juga System di Android, maka kurang lebih seperti ini Algoritma / Flowchart bagaimana Kernel bekerja.

illustrasi bagaimana kernel bekerja pada android
bagaimana kernel bekerja pada Andoid

Lalu, dimana keterkaitan Kernel pada System Android? Lihat pada bagian yang ada didalam Garis merah berikut.

keterkaitan kernel dalam menterjemahkan bahasa program untuk menjalankan system
keterkaitan kernel dalam menterjemahkan bahasa program untuk menjalankan system

Kurang lebih seperti itulah gambaran bagaimana Kernel bekerja, dan keterkaitan Kernel dan System Android.

Bagaimana Cara Install Kernel?

Untuk menginstall Kernel sendiri, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan Menginstall TWRP yang sesuai dengan Devices Android kamu. Jika kamu menggunakan TWRP yang tidak Compatible / tidak sesuai, maka kemungkinan besar Androidmu akan mengalami Bootloop.

Dan untuk Kernel yang bisa diinstall di TWRP, adalah Custom Kernel dan juga Default Kernel / Kernel Bawaan (jika kamu ingin mengganti custom kernel ke kernel bawaan).

Konklusi

Dari penjelasan diatas, maka bisa disimpulkan bahwa Kernel Android adalah sebuah file atau program yang dikhususkan untuk mengatur bagaimana System dan juga Hardware didalam Android bisa bekerja dengan baik. Untuk itu, jika kamu senang melakukan Oprek atau gonta-ganti Kernel dengan Custom Kernel, maka pastikan kamu sudah menggunakan Kernel yang sesuai dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

Written by Heyaiz
User Whyred dan seorang content writer yang hobi ngopi, nongkrong, dan menikmati kehidupan yang fana. Tell me what you need, or leave me a messages Profile
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com