SEO Marketing

Cara Mengatasi Bom Klik Adsense pada WordPress

Heyaiz Written by Heyaiz · >
mengatasi bom klik adsense

Bom Klik adalah sebuah masalah yang sering kali dialami oleh pemilik web / blog, yang memasang iklan adsense dari google. Hal ini kerap menjadi momok menakutkan, sebab efek daripada Bom Klik berupa banned pada akun Adsense.

Dalam hal ini, biasanya bom klik kerap kali terjadi karena ‘pengguna‘ jahil, yang dengan sengaja melakukan klik pada iklan yang ada secara berulang dalam 1 IP. Sehingga Google mendeteksi hal tersebut sebagai Invalid Click.

Tak hanya ulah ‘pengguna‘ iseng saja. Kadang kala, hal ini terjadi akibat pemilik web / blog itu sendiri “Loh, kok bisa?” Tentu saja bisa, karena ada saja pemilik web / blog yang melakukan self-clicking (melakukan klik pada iklan sendiri) pada iklan di web / blog sendiri, demi mendapatkan keuntungan semata.

Seperti apa Contoh Bom Klik Adsense?

Pada dasarnya, Bom Klik bisa dideteksi dari Dashboard Google Adsense milikmu sendiri. Seperti pada contoh gambar dibawah ini, yang saya dapatkan dari situs gimana.net

Klik Tidak Wajar
image copyright : gimana.net

Coba perhatikan pada gambar diatas. Bisa dilihat Clicks yang didapat adalah 65 dengan Page CTR sebesar 31,86%. Tentunya ini sangat tidak masuk akal, dan sangat tidak normal.

Berapa Jumlah Page CTR yang Aman?

Sebenarnya tentantif menurut saya pribadi. Tergantung dari bagaimana visitor atau pengunjung websitemu. Jika sebuah web / blog memiliki jumlah kunjungan 10.000 per-hari, mungkin Page CTR Normal akan berada dibawah 20% (ini tidak menentu).

Dan untuk web / blog dengan jumlah visitor dibawah 1.000 per-hari, Page CTR Normal akan berada dibawah 10%.

Meskipun demikian, tentunya yang saya tulis tidak bisa menjadi acuan pasti dalam rate CTR atau Click Through Rate pada Adsense. Pihak Google-lah yang menentukan jumlah Page CTR yang Normal berdasarkan Visitor yang ada.

Lalu, Bagaimana Mengatasi Bom Klik Adsense?

Tentunya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, agar tetap aman saat memasang Adsense di web / blog (berbasis wordpress) agar tidak terkena Invalid Click, seperti

Menggunakan Plugin WordPress AICP

AICP atau Adsense Invalid Click Protector adalah plugin yang bisa kamu unduh dan pasang di Blog WordPress kamu, agar terhindar dari Bom Klik yang menghantui para Blogger.

Pertama – Unduh terlebih dahulu Plugin Adsense Invalid Click Protector lewat bagian Dashboard > Plugin > Add New > Cari Adsense Invalid Click Protector

Kedua – Install Plugin tersebut, dan pilih Active / Aktifkan

Ketiga – Masuk pada Adsense Invalid Click Protector > General Settings

Keempat – Atur pada Set the Ad Click Limit dan ganti menjadi 1. Hal ini dimaksudkan agar pengguna hanya bisa melakukan klik maksimal 1 iklan dengan menggunakan 1 IP.

mengatasi bom klik adsense dengan plugin
pengaturan Adsense Invalid Click Protector

Terakhir – Pilih Save Changes / Simpan Perubahan


Jangan Sembarang Share Artikel ke Social Media

Walaupun pada penerapannya Social Media sangatlah penting untuk mendatangkan visitor atau pengunjung, kamu tidak bisa sembarangan membagikan Artikel begitu saja.

Sebab, dari sinilah akan ada beberapa ‘oknum pengguna‘ yang jahil atau mungkin tidak senang dengan website / blog kamu, sehingga melakukan Bom Klik pada iklan yang ada.

Maka dari itu, jika memang ingin membagikan Artikel ke Social Media, pastikan kamu benar-benar jeli dalam memilih pasar dimana kamu membagikan artikelmu.

Misal, Grup Facebook yang mungkin saja memang memiliki topik yang relevan dengan Artikel yang kamu buat, ataupun Grup Whatsapp yang sedang membicarakan topik yang sama dengan artikelmu.

Kenapa harus relevan? Karena jika pengguna sudah fokus dengan Artikel yang kamu buat dan itu relevan dengan apa yang mereka cari, pasti pengguna akan terfokus untuk terus membaca, bukan untuk bertindak ‘jahil’ pada iklan Adsense kamu.

Akhir Kata

Itulah beberapa kiat sederhana yang bisa kamu gunakan, agar terhindar dari Bom Klik Adsense yang mengancam akun dan juga websitemu. Semoga bermanfaat.

Written by Heyaiz
User Whyred dan seorang content writer yang hobi ngopi, nongkrong, dan menikmati kehidupan yang fana. Tell me what you need, or leave me a messages Profile
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com