Advertorial, Komputer dan Laptop

Tips Merakit Komputer Gaming

Written by Heyaiz · >
tips merakit pc / komputer gaming

Merakit PC Gaming merupakan hal yang sering dilakukan pengguna kompuer, untuk memenuhi kebutuhan gaming mereka.

Berkembangnya teknologi saat ini, membuat para pengguna gadget bisa dengan mudah menikmati beragam game ataupun permainan console diberbagai perangkat.

Mulai dari smartphone, Laptop, sampai Komputer. Hal inilah yang tak ayal membuat para produsen gadget, terus mengembangkan inovasi terbaru mereka, demi kepuasan pelanggan.

Sebagaimana kita tau, peran komputer sendiri memang ditujukan untuk membantu pengguna dalam urusan pekerjaan, dan pendidikan, ditambah saat ini banyak komputerisasi sudah banyak ditemukan di masyarakat umum.

Itulah mengapa, saat ini juga kita bisa menemukan para pengguna yang senang bermain game di komputer, mulai berlomba menaikkan spek komputer mereka, atau bahkan merakit pc gaming, dengan tujuan agar bisa memainkan game dengan grafis yang lebih baik.

Tips Merakit Komputer Gaming

Tapi sebelum itu, untuk kamu yang mungkin juga ingin memiliki komputer / PC gaming sendiri, kalian bisa membaca beberapa tips berikut.

Pilih Processor Sesuai Kebutuhan

Langkah pertama adalah pastikan kalian menggunakan Processor yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk yang belum tau, Processor sendiri merupakan salah satu bagian inti didalam CPU atau Komputer.

Saat ini, Processor yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan game dan editing adalah AMD Ryzen i9. Tentunya, Processor ini memiliki harga yang cukup mahal.

Namun jika dirasa kebutuhan game kalian tidak begitu berat, kamu bisa memilih Processor dengan Core i7.

Gunakan Motherboard sesuai Tipe Processor

Motherboard atau sering disapa dengan Mobo merupakan sebuah tempat dimana nantinya kalian bisa menaruh Processor, VGA, dan beragam socket dari kabel Power Supply yang membuat komputer bisa bekerja.

Untuk tiap Motherboard sendiri sebenarnya memiliki kecocokan yang beragam sesuai dengan jenis Processornya. Ada yang memiliki socket Processor dengan Tipe LGA 775, 1175, 1155, dan lainnya.

Untuk itu, ketika hendak membeli mobo, usahakan kalian mengetahui terlebih dulu Processor kalian berjenis LGA atau bukan.

Selain itu, pastikan juga kalian mengetahui tipe socket untuk RAM dan juga VGA. Sebab, ada saja pengguna yang mungkin tidak mengetahui tipe socket RAM dan jgua VGA nya.

Gunakan RAM dengan Minimal 8 GB

Kemudian, kalian bisa mulai untuk memilih RAM sesuai dengan kebutuhan. Sebagaimana kita tau, RAM sendiri memiliki varian tipe dan kapasitas, mulai dari 2 GB, 4 GB, sampai 8 GB.

Pastikan juga kalian memilih RAM sesuai dengan tipe socket RAM pada mobo. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi error pada saat penggunaan, dan juga mencegah RAM Tidak Terbaca di Komputer.

Dan untuk kebutuhan Gaming sendiri, kalian disarankan untuk menggunakan RAM dengan Kapasitas 8 GB, untuk tiap slot nya.

Pilih Power Supply yang Sesuai

Power supply sendiri sebenarnya lebih dikenal sebagai salah satu Pusat dari CPU, yang bertugas untuk mengalirkan Listrik, ke semua komponen didalam CPU.

Untuk itu, Hal penting yang tak kalah harus diperhatikan adalah memilih Power Supply atau PSU dengan daya yang sesuai. Biasanya, PSU sendiri ditentukan dari seberapa besar daya listrik yang kalian miliki, dan daya dari PSU itu sendiri.

Untuk PSU sendiri sebenarnya memiliki pilihan Voltase / Watt yang berbeda. Mulai dari 450, 450+, 550, dan bahkan kalian juga bisa kok berkonsultasi untuk mencari PSU khusus gaming.

Pilih VGA dengan Kualitas yang Baik

Setelah itu, kalian perlu menyiapkan sebuah kartu grafis atau yang sering dikenal dengan VGA. Fungsi VGA sendiri bertujuan untuk mendongkrak kualitas display atau tampilan pada komputer, terlebih ketika bermain game.

Saat ini, hampir semua game memiliki spesifikasi yang mengharuskan pengguna untuk memiliki kartu grafis atau VGA dengan minimal kapasitas 2 GB.

Biasanya, game seperti ini masuk dalam jajaran game dengan grafis 3 Dimensi, dengan kualitas game yang baik. Semakin besar kapasitas VGA yang digunakan, maka semakin baik display yang ditampilkan.

Untuk itu, kalian bisa menggunakan VGA dengan kapasitas minimal 8 GB atau bahkan lebih, tergantung motherboard yang kalian gunakan, dan juga tipe DDR pada VGA itu sendiri.

Gunakan Hard Disk atau SSD

Setelah mendapatkan Motherboard, RAM, PSU, dan juga VGA, selanjutnya kalian butuh sebuah media penyimpanan, yang biasa dikenal dengan Hard Disk.

Hard Disk sendiri memiliki peran untuk menyimpan beragam data dan juga menjadi induk atau root utama untuk menginstall OS yang kalian pakai.

Apabila kalian memilih menggunakan Hard Disk, usahakan kapasitas penyimpanan yang dimiliki berkisar antara 500 GB atau 1 TB (terra byte). Sebab, ada beberapa game yang memiliki ukuran hingga 10 GB lebih, ketika selesai diinstall.

Atau alternatif lain adalah dengan menggunakan SSD, atau Solid State Drive. SSD sendiri dikenal memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas, yakni antara 120 GB, 520 GB, dan bahkan sampai 1 TB.

Untuk SSD sendiri memang memiliki harga yang cukup mahal, namun SSD mampu mendongkrak kinerja komputer kalian, terlebih untuk urusan gaming. Tapi sebelum memutuskan untuk membeli SSD, pastikan dulu kamu sudah mengetahui Perbedaan Hard Disk dan SSD.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak sekali part-part penting dalam membangun PC Gaming impian. Namun, beberapa part penting diatas merupakan hal penting yang harus terlebih dulu ada.

Sisanya, kalian bisa menambahkan beragam variasi untuk membuat PC Gaming kalian semakin lebih keren lagi, semisal menggunakan Fan RGB, Keyboard Gaming, Mouse Gaming, Air Cooler, dan masih banyak lagi.

Written by Heyaiz
User Whyred dan seorang content writer yang hobi ngopi, nongkrong, dan menikmati kehidupan yang fana. Tell me what you need, or leave me a messages Profile