Advertorial, Komputer dan Laptop

Tips Memilih Laptop untuk Video Editor

Written by Heyaiz · >
Tips Memilih Laptop untuk Video Editor

Tips Memilih Laptop untuk Video Editor – Memilih laptop dengan spesifikasi yang tepat, merupakan hal penting untuk para pekerja industri seni, termasuk video editor.

Sebagaimana kita tahu, saat ini industri digital dan creative sangat banyak kita temukan. Salah satu industri creative yang saat ini cukup diminati adalah video editing.

Ditambah dengan kondisi pandemi saat ini, jelas ada banyak sekali orang orang yang memilih untuk menghibur dirinya dengan menyaksikan video-video di youtube, atau lain sebaginya.

Oleh sebab itulah, tak jarang juga banyak orang-orang yang berpindah profesi, menjadi video editor. Hal ini bukan tanpa alasan. Namun, ada sebuah kesempatan dan keuntungan lain yang didapat, dengan menjadi seorang video editor.

Belum lagi dengan adanya beberapa platform freelance yang memudahkan orang-orang untuk mulai mendapatkan penghasilan dari jasa video editing, yang bisa dilakukan di mana saja.

Walaupun demikian, para video editor jelas harus memiliki perangkat yang memumpuni. Sebab, ada beberapa aplikasi video editing, yang mengharuskan pengguna memenuhi system requirements dari aplikasi tersebut, untuk menunjang aktivitas mereka.

Nah, biasanya kendala seperti ini kerap terjadi pada pengguna laptop atau komputer jinjing. Sebab, tidak semua laptop bisa memiliki spesifikasi yang cocok untuk meng-edit video.

Tips Memilih Laptop untuk Video Editor

Tapi jangan dulu sedih, sebab pada artikel kali ini, kita akan memberikan beberapa tips untuk kamu, yang berencana membeli laptop untuk digunakan dalam meng-edit video. Seperti

Pilih Laptop dengan Kapasitas RAM dan Penyimpanan yang Cukup

Yang pertama perlu diperhatikan adalah kapasitas RAM dan Penyimpanan atau harddisk. Nah, 2 hal ini sangat penting untuk para video editor. Sebab, RAM atau Random Access Memory berperan untuk mengatur process Aplikasi pada Laptop.

Sedangkan harddisk, berguna sebagai media penyimpanan untuk raw footage atau video yang akan diedit. Oleh karenanya, pastikan kamu memilih laptop dengan besaran kapasitas RAM dan harddisk yang tepat.

Umumnya, pada beberapa merk laptop terbaik untuk video editor, akan memiliki kapasitas RAM 8 – 16 GB, dengan penyimpanan harddisk sebesar 500 GB – 1 Terrabytes.

Pilih Laptop dengan Kartu Grafis / VGA dengan Kapasitas yang Tepat

Kemudian yang tak kalah penting adalah kartu grafis atau VGA. Nah, komponen yang satu ini juga sangat membantu pekerjaan para video editor.

Untuk besaran kapasitas VGA yang tepat untuk video editor, berada di kisaran 8 GB – 16 GB. Namun jika kamu tidak menemukan spesifikasi laptop dengan kapasitas VGA seperti diatas, kamu bisa melakukan build up atau mengganti VGA laptop, sesuai kebutuhan.

Tapi pastikan VGA yang kamu beli, memang kompetibel dengan laptopmu ya.

Perhatikan Processor pada Laptop

Untuk selanjutnya yang tak kalah penting pada komponen hardware, adalah Processor. Buat yang belum tau, processor merupakan otak dari komputer ataupun laptop.

Semakin tinggi gen pada processor, maka kinerja laptop akan semakin ringan, dan juga stabil. Untuk video editor sendiri, biasanya mereka akan mencari laptop dengan processor i5 – i7.

Tapi jika memungkinkan, kamu sudah bisa kok mendapatkan laptop dengan processor i9 seperti misalnya AMD Ryzen dan lain sebagainya.

Tapi perlu diingat ya, semakin tinggi gen processor, maka komponen lain juga harus menyesuaikan (diupgrade) seperti RAM, dan juga harddisk.

Gunakan Laptop dengan OS yang Mendukung

Setelah membahas komponen hardware pada laptop, selanjutnya kita akan masuk kedalam softwarenya. Nah, disini para pengguna laptop yang digunakan untuk mengedit video, sangat disarankan untuk menggunakan OS Windows 10.

Sebenarnya, hal ini tak menjadi acuan yang terlalu harus. Namun sejauh ini, OS yang paling stabil untuk mengedit video, adalah Windows 10.

Apalag, jika kamu paham soal tweaking pada Windows 10, agar kinerjanya semakin baik.

Pilih Aplikasi Video Editing yang Tepat

Kemudian pada tahap terakhir, kita membutuhkan Aplikasi Video Editing yang tepat. Biasanya, para video editor sering menggunakan Adobe Premiere Pro untuk mengedit video, Adobe Premiere untuk membuat efek 3D dan animasi, dan lain sebagainya.

Tentunya, hal ini disesuaikan dengan tingkat keahlian masing-masing.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa tips memilih laptop untuk video editor yang setidaknya bisa menjadi acuan atau patokan untuk kamu, yang ingin mengedit video, di laptop. Semoga bermanfaat.

Written by Heyaiz
User Whyred dan seorang content writer yang hobi ngopi, nongkrong, dan menikmati kehidupan yang fana. Tell me what you need, or leave me a messages Profile