Destinasi, Review

Tips Merencanakan Liburan agar Keuangan Tetap Aman

Heyaiz Written by Heyaiz · >
paket wisata murah

Tips Merencanakan Liburan dengan Paket Wisata Murah yang Terjangkau – Merencanakan liburan adalah sebuah planning yang banyak dilakukan para traveller ataupun orang-orang yang ingin melepas penat di tempat yang lain.

Biasanya, dalam hal ini mereka lebih banyak memikirkan tentang tujuan ataupun destinasi tempat liburan yang menarik.

Padahal, selain membuat planning tujuan, ada hal lain yang harus diperhatikan dan tidak bisa dianggap remeh.

Hal ini sebenarnya bertujuan agar ketika sudah berada di tempat liburan, keinginan atau hasrat untuk berbelanja atau pun jajan bisa lebih terkontrol.

Maka dari itu, kali ini kita akan mengulas sedikit informasi seputar Tips Merencanakan Libuar agar Keuangan Tetap Aman. Seperti

Menentukan Destinasi Liburan yang Terjangkau

Mungkin gak sedikit orang memilih liburan ke luar negeri ataupun luar kota. Biasanya, hal ini dilakukan agar mereka bisa menikmati suasana baru, yang mungkin belum pernah mereka nikmati sebelumnya.

Namun terkadang masih banyak orang-orang yang memaksakan dirinya untuk liburan ke berbagai tempat yang sebanarnya tidak terlalu terjangkau, terlebih dari segi biaya perjalanan dan juga kuliner nya.

Maka dari itu, sebelum kalian merencanakan liburan, pastikan kalian mencari informasi seputar liburan yang masih bisa dijangkau, dan masih berada didalam negeri ataupun memiliki harga yang terjangkau.

Pilihlah Destinasi Wisata yang Menyediakan Paket Tour

Sudah tak heran lagi memang. Saat ini sudah banyak sekali para traveller atau holiday holic yang mencari tau informasi tentang paket Wisata, ataupun paket liburan.

Kenapa paket Wisata sangat dicari banyak orang?

Sederhananya begini. Jika kamu melakukan liburan tanpa menggunakan paket wisata, tentu kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menyewa fasilitas yang ada disana, seperti tour jeep, penginapan, atau yang lainnya.

Maka dari itu, kamu perlu mencari tau informasi seputar Paket Wisata Murah, dengan harga yang lebih terjangkau pastinya.

Misalnya kamu merencakan liburan ke Bromo, maka kamu bisa mencari informasi seputar Paket Wisata Bromo sesuai kebutuhanmu.

“lalu, bagaimana kalau saya hanya ingin memesan paket wisata untuk 1 hari? Apakah ada paket wisata khusus untuk 1 hari saja?”

Saat ini sudah banyak para penyedia jasa paket wisata yang menyediakan opsi tersebut. Jika kamu ingin menikmati liburan sehari saja di Bromo, kamu bisa menggunakan opsi paket Tour Bromo 1 Day.

Untuk masalah fasilitas dan pelayanan, semua tetap sama kok, hanya durasinya saja yang berbeda.

Sisanya tinggal menyesuaikan saja. Jika memang kamu mengunjungi Destinasi wisata selain bromo, maka kamu harus cari tau informasi seputar paket wisata yang ditawarkan.

Liburan Bareng Teman? Patungan aja!

Seperti pada poin sebelumnya soal paket wisata, jika kamu memang senang melakukan liburan bersama teman-teman atau genk kalian, gak ada salahnya kan untuk melakukan patungan?

Selain mempererat tali silaturahmi dan juga pertemanan, liburan besama teman dengan cara patungan dinilai lebih efektif dan juga terjangkau.

Sebab, jika keseluruhan biaya paket adalah 1.000.000, maka ketika kamu harus patungan bersama 5 teman mu, maka per orang hanya perlu membayar sekitar 200.000 saja.

Enaknya lagi, dengan sistem patungan ini, kamu bisa memesan paket liburan ke berbagai tempat sekaligus menginap.

Kita ambil contoh saja kalian ingin liburan dengan Paket Bromo – Malang 3H 2M, yang mana artinya kalian bisa menikmati liburan selama 3 hari 2 malam untuk mengunjungi tempat wisata di Bromo dan juga Malang.

Atau jika kamu hanya ingin menghabiskan liburan di Bromo saja, kamu bisa memilih Paket Tour Bromo Murah bersama teman-teman kalian.

Dengan begitu, kamu bisa menggunakan sisa uang mu untuk membeli oleh-oleh, jajanan, ataupun sekedar masuk kedalam wahana wisata lain yang ada di tempat wisata yang kamu kunjungi bersama teman-temanmu. Asyik banget kan?

Pilih Transportasi yang Cocok

Jika kamu pergi liburan ke tempat destinasi wisata diluar kota, maka ada baiknya kamu memilih transportasi yang cocok untuk sampai ke destinasi yang dituju.

Lakukan perbandingan jika kamu pergi menggunakan pesawat terbang, bis, atau kereta. Jika dari ketiga moda transportasi ini ada yang lebih murah, maka kamu bisa menggunakan transportasi tersebut.

Misal nya seperti ini

  • Jika menggunakan Pesawat Terbang, harga tiket pulang pergi adalah 500.000
  • Jika menggunakan Kereta, harga tiket pulang pergi adalah 300.000
  • Dan jika menggunakan Bis, harga tiket pulang pergi adalah 150.000

Loh, kok perhitungannya juga termasuk tiket pulang pergi?

Jelas dong. Kalau kamu berpergian ke suatu tempat wisata menggunakan transportasi umum, maka kamu sudah harus mempersiapkan biaya berangkat dan kembali ke rumah.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengetahui estimasi pengeluran biaya untuk transportasi yang kamu gunakan.

Ingat, Tujuanmu adalah Liburan!

Siapa yang sering membeli oleh-oleh untuk keluarga dirumah ketika liburan? Mungkin, semua orang akan melakukan hal ini ya. Terlebih, jika destinasi wisata yang dikunjungi sudah sampai keluar negeri.

Meskipun begitu, sikap shopaholic pada saat liburan merupakan hal yang harus kamu tahan terlebih dulu. Sebab, ketika kamu belanja terlalu banyak maka otomatis pengeluaranmu pun akan semakin besar.

Tak masalah jika memang kamu ingin membeli oleh oleh untuk keluarga atau orang tersayang dirumah. Namun pastikan, kamu memiliki limitasi atau pembatasan biaya untuk berbelanja disana.

Jangan sampai kamu mengalami kalap dan bukan malah sibuk mencari ketenangan di tempat wisata, tapi malah sibuk dengan barang belanjaan yang terlalu banyak.

Bawa Bekal saat Perjalanan? Siapa Takut!

Mungkin kamu yang dulu pernah mengikuti Study Tour dari sekolah, mungkin inget banget dong gimana saat mamahmu menyiapkan perbekalan untuk esok hari?

Nah, sama hal nya ketika kamu ingin pergi liburan. Ditengah perjalanan, mungkin kamu akan merasa bosan dan iseng karena ingin mengunyah sesuatu.

Maka dari itu sebelum berangkat lburan, pastikan kamu sudah membawa perbekalan yang cukup. Tak perlu nasi ataupun makanan berat lainnya kok.

Kamu bisa membawa snack ringan ataupun kue kecil sebagai perbekalan. Ini berguna untuk setidaknya menunda lapar saat perjalanan menuju destinasi wisata.

Gak cuma itu aja kok, dengan kamu membawa bekal, otomatis ini bisa menghemat pengeluaranmu untuk jajan. Karena tau sendiri kan, kadang makanan ringan di tempat wisata memiliki harga yang lebih mahal dari biasanya kita temukan di sekitar rumah.

Akhir Kata

Itulah beberapa Tips Merencanakan Liburan agar Keuangan Tetap Aman. Semoga dengan menerapkan beberapa cara diatas, kamu bisa lebih menghemat keuanganmu, ketika pergi liburan.

Written by Heyaiz
User Whyred dan seorang content writer yang hobi ngopi, nongkrong, dan menikmati kehidupan yang fana. Tell me what you need, or leave me a messages Profile