Dalam dunia digital marketing, share of voice adalah metiks yang perlu untuk diperhatikan guna menghitung persentase dari brand dan kompetitor.
Dengan adanya share of voice, individu dalam marketing dapat menentukan langkah apa yang akan diambil selanjutnya.
Mungkin untuk sebagian orang, istilah share of voice masih jadi hal yang cukup asing. Maka dari itu, kita akan membahasnya lebih dalam mengenai apa itu share of voice dan cara perhitungannya.
Share of voice adalah pengukuran bagi brand di media sosial maupun website.
Pengukuran ini bisa diukur dari berbagai macam platform yang digunakan.
Perhitungan share of voice biasanya dimuat dalam bentuk persentasi dengan membandingkan brand yang dimiliki dengan kompetitor.
Semakin besar angka share of voice, maka semakin populer brand kamu di pasar yang kompetitif.
Melansir dari Sprout Social, share of voice cukup penting untuk mengukur seberapa populer brand kamu dibanding kompetitor.
Sehingga tim digital marketing perlu untuk mengetahui bagaimana cara menghitung persentase share of voice dari brand yang mereka miliki.
Untuk menghitung share of voice dari sebuah brand, ada rumus yang dapat kamu gunakan, kurang lebih rumusnya seperti ini:
Brand Traffic / Total Market Traffic = Share of Voice
Namun untuk penjabaran lebih lanjutnya, ada beberapa metriks yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan rumus di atas, seperti
1. Urutkan kata kunci dan siapa kompetitormu
Langkah pertama kamu harus mengklasifikasikan kata kunci mana yang jadi branded keyword kamu.
Setelah itu, jangan lupa untuk mengumpulkan siapa saja yang menjadi kompetitormu. Tak perlu terlalu banyak, cukup 1 – 5 saja.
2. Klasifikasikan posisi keyword brand kamu
Setelah terkumpul, kamu bisa menggunakan tools seperti Google Search Console ataupun Google Looker Studio untuk mencari tau berapa CTR (Click Through Rate) dari kata kunci yang kamu miliki.
Terakhir, kamu bisa menghitung persentase share of voice dengan melihat CTR dengan volume pencarian rata-rata per bulan.
Di sini, ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan, seperti:
- Google Search Console
- Google Analytics (GA4)
- Google Looker Studio
Setelah mengakumulasikan keseluruhan keyword dan volume rata-rata per-bulan, kamu bisa mengetahui berapa persentase share of voice yang kamu miliki.
Kesimpulan
Dari cara di atas tadi, tentunya kamu bisa menggunakan perhitungan lain untuk berbagai platform yang digunakan. Atau, kamu juga bisa menggunakan tools untuk menghitung persentase share of voice yang mungkin berbayar. Namun dengan cara di atas tadi, kamu bisa menghitung share of voice dengan mudah dan mengetahui persentase share of voice kalian.
Semoga bermanfaat.