Review, SEO Marketing

SEMrush, Tools SEO Terbaik untuk Para Blogger

Heyaiz Written by Heyaiz · >
semrush

SEMrush. Mendengar kata ini, mungkin para Blogger sudah tidak asing lagi dengan Tools yang berguna untuk melihat performa sebuah Website, baik dari segi Backlink, Keyword Ranking, dan juga Riset.

Seberapa penting hal ini untuk para Blogger? Tentunya sangat penting. Sebab, dengan menggunakan SEMRush, kalian bisa melihat backlink yang ada pada Website / blog yang kalian kelola. Tentunya, ini juga bisa menjadi cara untuk melakukan riset pada Kompetitor.

Fitur SEMrush

Ada beberapa fitur yang disedikan oleh SEMrush, tentunya tools ini tidak hanya berguna untuk para Blogger saja, melainkan untuk mereka yang menggeluti dunia Digital Marketing, atau pemasaran secara digital seperti

Site Audit

site audit

Mungkin bisa dibilang ini adalah fitur paling vital dan dicari oleh para Blogger. Site Audit adalah fitur dari SEMrush yang membantu kamu dalam urusan Optimasi SEO dari sebuah Website.

Dengan adanya Site Audit, kamu bisa mengetahui perkembangan website dari segi SEO On page atau on site SEO, dan juga mengetahui masalah SEO yang lebih diutamakan untuk diperbaiki.

Tak hanya itu saja loh. Kamu juga melakukan monitoring pada hrefslang yang ada pada websitemu. Tentunya hal ini sangat berguna untuk meningkatkan kualitas website yang kamu miliki.

Analytics Reports

analytics report

Fitur yang satu ini membantu kamu untuk melihat kata kunci populer dari kompetitor, mengetahui organic traffic dari kompetitor, dan juga melakukan observasi peringkat pada sebuah domain.

Nah dengan Analytics Report, kamu bisa melakukan evaluasi dari kompetitor. Tentunya kamu bisa melakukan perbaikan dari data yang dihasilkan.

Position Tracking

position tracking

Pada fitur ini, kamu bisa melihat bagaimana website kamu perform dan melihat posisi dari kata kunci yang mungkin saja kamu tulis dalam sebuah artikel.

Selain untuk mengetahui posisi dari website kamu, Position Tracking juga bisa membantu kamu untuk melihat sudah sampai mana kamu berhasil menyaingi kompetitormu, dalam kata kunci yang sama.

Dan juga ada data lain, seperti Target Different Devices yang memungkinkan kamu untuk melihat insight dari pengunjung yang menggunakan mobile devices, ataupun desktop devices.

Advertising Research

advertising research

Advertising Research atau Riset Iklan, adalah cara yang sering kali digunakan para Digital Marketer, dalam melihat Kompetitor ketika melakukan Campaign atau promosi iklan.

Dengan adanya fitur ini, kamu bisa melakukan analisa mendalam tentang kompetitormu, seperti berapa banyak Budget yang dikeluarkan, Memantau jenis iklan yang digunakan kompetitor, melihat kompetitor baru di Google Ads, dan juga mentargetkan Iklan yang kamu buat

Tentunya ini bisa menjadi langkah awal untuk kamu yang ingin memanfaatkan Digital Ads, sebagai media promosi untuk Brand atau Produk yang kamu miliki.

Display Advertising Tools

display advertising tools

Ada banyak cara yang mungkin digunakan Kompetitor, untuk melakukan campaign atau mempromosikan produknya. Tapi apakah kamu tau? Terkadang banyak sekali para pemilik brand yang mengalami kegagalan, ketika mempromosikan sebuah produk.

Yaps, hal ini sering terjadi sebab minimnya informasi mengenai platform iklan yang digunakan. Nah, dengan adanya Display Advertising Tools di SEMrush, kamu bisa melihat sumber atau platform yang digunakan kompetitor, dalam mempromosikan produk mereka.

Tak sampai situ saja, SEMrush juga akan menampilkan jenis iklan yang digunakan oleh Kompetitor, sehingga kamu bisa tau, jenis iklan seperti apa sih yang ternyata memiliki interest kepada Audiens.

Backlinks Analyze

backlink analyze

Ini adalah bagian yang paling saya suka dari SEMrush. Backlink Analyze bisa membantu kamu untuk melihat atau menganalisa Kompetitor dari segi Backlink, dan juga jenis backlink yang digunakan.

Tapi tak cuma itu saja. Kamu juga bisa melihat parameter atau Authority backlink yang ada pada kompetitormu. Sebagaimana kita ketahui, backlink yang berkualitas akan tertuju pada beberapa Faktor, seperti

  • DA (Domain Authority)
  • PA (Page Authority)
  • DR (Domain Rating)
  • SS (Spam Score)

Dengan fitur Backlinks Analyze pada SEMrush, kamu bisa dengan mudah melihat sumber backlink dari kompetitor, dan kemudian mengumpulkan data tersebut, sebagai sumber backlink untuk website utama, ataupun tier 2 dan tier 3 yang kamu miliki.

Keyword Research

keyword research

Keyword Research atau Riset Kata kunci, adalah sebuah hal penting yang sering dilakukan Blogger, sebelum menulis Artikel.

Mengapa mereka harus melakukan Riset Kata Kunci? Sebab, dengan cara ini mereka bisa mengetahui, kata kunci apa yang sedang banyak dicari, dan akan mendatangkan Traffic untuk website mereka.

Ini juga bisa menjadi langkah awal untuk mendatangkan organic traffic dan kemungkinan website kamu muncul pada halaman pertama, akan semakin besar.

Tapi perlu diingat. Kamu juga harus membuat artikel yang relate dengan judul, dan original.

Keyword Magic Tools

Hampir mirip dengan Keyword Research, hanya saja Keyword Magic Tools diperuntukkan bagi para Advertiser dalam melakukan Campaign dengan memanfaatkan Keyword atau Kata Kunci.

keyword magic tools

Dengan fitur yang satu ini, kamu bisa mendapatkan lebih dari 20 millions keyword ideas daripada kata kunci utama yang kamu targetkan. Tentunya, ini bisa membuat produk atau brand kamu lebih mudah untuk perform pada halaman pertama Google.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa langsung cek pada halaman SEMrush Features

Kenapa Harus SEMrush?

Oke, seperti pada judul yang saya tulis diatas, kita akan masuk kedalam Dashboard SEMrush, dan juga alasan saya menggunakan SEMrush.

Fitur yang Lengkap pada SEO Dashboard

Berbeda dengan fitur yang saya tulis pada poin diatas, Fitur yang lengkap disini adalah ketika kamu masuk kedalam Dashboard dari SEMrush, kamu akan melihat SEO Dashboard yang ada di sebelah kiri, beserta fitur yang ada didalamnya, seperti

Domain Overview

Pada bagan ini, kamu bisa melihat bagaimana status atau perfoma Domain kamu di mesin pencari Google. Kamu bisa melihat Authority Score, Organic Search Traffic, Backlinks, dll.

Screenshot_2020-04-07 jaditau my id — Domain Overview SEMrush

Tentunya dari sini kamu bisa melakukan monitoring pada website yang kamu kelola, dari data yang ditampilkan SEMrush pada bagan ini.

Untuk saya pribadi, saya sangat senang untuk melihat bagan Backlinks. Mengapa? Sebab, dari sini kamu bisa menganalisa kompetitormu lebih rinci, untuk urusan sumber backlink yang di dapat dari kompetitor.

Tapi perlu diingat, jangan lupa untuk memperhatikan authority pada domain backlink yang ada. Agar website kamu tetap mendapatkan backlink yang berkualitas.

Traffic Analytics

Setelah melakukan evaluasi, tentunya kamu juga harus tau dong bagaimana website kamu mendapatkan traffic organic, dan darimana asalnya pembaca tersebut datang ke website kamu.

Screenshot_2020-04-07 jaditau my id — Overview

Dengan adanya Traffic Analytics, kamu bisa melihat bagaiman website kamu perform dalam mendapatkan traffic. Kamu juga bisa menganalisa kompetitor, dari bagaimana mereka mendapatkan pengunjung.

Oraganic Research

Apa sih Organic Research itu? Singkatnya begini, Organic Research adalah bagaimana SEMrush mengumpulkan data dari kata kunci pada artikel atau sebuah website, dan akhirnya perform pada halaman pencarian Google.

Screenshot_2020-04-07 jaditau my id — Organic Research SEMrush

Tapi lagi lagi, SEMrush selalu memberikan lebih. Dari data Organic Keyword Trends diatas, kamu juga bisa mengetahui tentang perubahan dari Algoritma yang terjadi pada Google.

Nah, dari sini kamu bisa mengetahui, penyebab atau mengapa kata kunci yang kamu targetkan harus turun atau bahkan melesat naik.

Screenshot_2020-04-07 jaditau my id — Organic Research SEMrush(1)

Dan jika kamu scroll lagi ke bagian bawah, SEMrush akan menampilkan data dari kata kunci populer, yang masuk dalam kategori Organic Keyword, atau berasal dari pencarian pengguna Internet.

Dan tak sampai situ saja, masih banyak lagi bagan daripada Organic Research yang membantu kamu untuk melihat perkembangan website, dan juga kompetitor. Lengkap banget kan.

Keyword Gap

Fitur ini masih terbilang baru pada SEMrush. Saya sendiri sedang berusaha mendalami penggunaan fitur ini, namun saya akan mencoba untuk menjabarkannya secara ringan lewat gambar dibawah ini.

Screenshot_2020-04-08 Keyword Gap SEMrush

Kalau kita telaah lebih lanjut lagi, Keyword Gap sendiri memiliki fungsi untuk melakukan monitoring pada website mu dan juga kompetitor.

Cara nya pun cukup mudah kamu hanya perlu memasukkan domain kompetitor dari kata kunci yang kamu targetkan -> Pilih jenis keyword yang digunakan kompetitor (organic atau paid) -> Lihat data Insight dari kompetitormu.

Dari data Insight yang dihasilkan dari kompetitor, kamu bisa mulai untuk mengembangkan kata kunci apa yang menjadi pioneer daripada kompetitor, dan mulai untuk membuat kata kunci yang relate, untuk mengalahkan kompetitormu.

Backlink Gap

Hampir mirip dengan Keyword Gap dan juga Backlink Analyze, hanya saja backlink Gap memungkinkan kamu untuk melihat komparasi dari website yang kamu miliki, dengan website kompetitor.

Tentunya bukan tanpa tujuan dan alasan. Justru dari sinilah kamu bisa melihat, dari mana kompetitormu mendapatkan backlink, dan bagaimana Authority Score dari backlink kompetitormu.

Dari data inilah, kamu bisa melakukan sortir atau filter, pada backlink kompetitor, untuk membangun link building untuk website yang kamu miliki.

Backlink Audit

Fitur atau bagan ini merupakan tingkatan lebih lanjut daripada Backlink Gap. Backlink Audit Tool bisa membantu kamu untuk menganalisa Authority daripada Backlink yang ada pada websitemu.

Screenshot_2020-04-08 jaditau my id - Backlink Audit Tool SEMrush

Tentunya ini berguna untuk melakukan perbaikan, dan juga menganalisa lebih lanjut, soal Authority daripada backlink yang kamu miliki. Mengapa hal ini penting?

Sebab, jika backlink yang kamu miliki ternyata punya authority yang rendah atau bahkan spamming, tentunya ini akan berpengaruh pada Indexing, dan juga reputasi dari websitemu sendiri.

Adapun acuan yang digunakan oleh SEMrush dinamakan dengan toxicity level of reffering domain. Yang mana ketika kamu menaman backlink dari domain yang memiliki score toxic yang tinggi, tentunya hal ini akan berdampak buruk sekali lagi.

Screenshot_2020-04-08 jaditau my id - Backlink Audit Tool SEMrush(1)

Tapi tak perlu khawatir, SEMrush bisa membantu kamu untuk melakukan Disavow, dan juga Delete pada backlink yang memiliki Toxic Score yang tinggi. Ada 3 pilihan yang ditawarkan oleh SEMrush

  • Click Delete > To Disavow

Disavow akan melakukan request ke Google, untuk meng-ignore atau menolak backlink tersebut sebagai reffering domain pada website kamu.

  • Click Delete > To Remove

Remove akan membuat backlink untuk masuk dalam removal request atau penghapusan backlink, agar tidak menjadi source dari backlink websitemu.

  • Click Keep > Add to Whitelist

Jika dirasa kamu yakin bahwa backlink tersebut tidak masuk dalam kategori toxic, kamu bisa menyimpannya dalam whitelist.

Memiliki Beragam Toolkit yang Berguna

Pada poin sebelumnya, beberapa fitur dan penjelasan tadi, adalah masuk dalam SEO Toolkit. Dimana biasanya sering digunakan oleh para Blogger, dan juga Marketer untuk aktivitas campaign lewat Website.

Tapi, SEMrush juga menyediakan toolkit lain, yang berguna untuk digunakan, seperti

Advertising Toolkit

Toolkit ini berguna untuk para Advertiser, yang ingin melakukan market research atau riset pasar, dalam mempromosikan produk atau brand yang dimiliki.

Ada beberapa fitur lain didalam bagai Advertising Toolkit, seperti Market Analysis, Keyword Research, dan Ad Tracking

Semuanya sangat berperan penting untuk kamu yang senang bermain dalam sebuah Digital Ads, ataupun pemasaran lewat Digital Ads.

Social Media Toolkit

Saat ini, sudah banyak para Marketer yang menggunakan beragam platform untuk mempromosikan produk mereka. Baik itu melalui Website, ataupun Social Media.

Tentunya, dalam hal ini mereka membutukan sebuah Social Media Tool untuk menunjang aktivitas campaign mereka.

social media toolkit

Maka dari itu, Social Media Toolkit pada SEMrush ini sangat berguna untuk para Social Media Marketer dalam mempromosikan produk mereka.

Disini, kamu bisa menggunakan beberapa tools keren, seperti

Schedule posts – Fitur ini memungkinkan kamu untuk menjadwalkan posting, pada beberapa platform social media, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Pinterest, dan Google My Bussiness

Get insights – Pada bagan ini, kamu bisa melihat statistik dari Social Media yang kamu gunakan untuk mempromosikan produk atau brand, kamu juga bisa melihat data daripada followers social media kamu, dan memonitor perkembangan profile social media yang kamu kelola.

Track competitors – Dengan melakukan analisa lebih dalam, kamu bisa mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh kompetitor, dalam mempromosikan produk lewat social media. Kamu juga bisa melihat grafik keberhasilan dan juga kegagalan yang dilakukan kompetitor.

Content Marketing Toolkit

Dengan adanya Content Marketing Tools, kamu bisa dengan mudah mengetahui topik apa yang sedang banyak dicari oleh pengguna Internet.

Screenshot_2020-04-08 SEMrush Topic Research Find Ideas That Resonate With Your Audience

Toolkit satu ini hampir mirip dengan Keyword Research, namun Content Marketing Toolkit digadang lebih spesifik dan juga lebih lengkap dalam urusan riset untuk sebuah konten.

Nah, dari sinilah kamu bisa mulai melakukan riset dan juga membuat artikel yang berkualitas, agar berguna untuk pembaca, dan juga memiliki kemungkinan perform dihalaman pertama Google semakin besar.

Berapa Harga berlangganan SEMrush?

Untuk harga dari SEMrush sendiri, bisa dibilang cukup terjangkau untuk para Internet Marketer ataupun Digital Marketer. Ada 3 varian paket yang bisa kamu pilih, untuk membuat akun di SEMrush

Harga Bulanan SEMrush

harga bulanan semrush

Harga Tahunan SEMrush

harga tahunan semrush

Masih kurang lengkap infomasinya? Tenang, kamu bisa langsung cek soal metode pembayaran dan juga harga dari SEMrush secara detail, pada halaman SEMrush Plan & Pricing

Konklusi

Dengan menggunakan Tools Optimasi SEO seperti SEMrush, kamu bisa mengetahui bagaimana websitemu perform pada halaman pencarian Google, dan juga mengumpulkan data daripada Backlink berkualitas dari Kompetitor untuk membangun website yang kamu kelola. Semoga bermanfaat.

Written by Heyaiz
User Whyred dan seorang content writer yang hobi ngopi, nongkrong, dan menikmati kehidupan yang fana. Tell me what you need, or leave me a messages Profile
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com