Advertorial, Digital Marketing

Pentingnya Mengetahui Target Customer dalam Bisnis

Written by Heyaiz · >
Mengetahui Target Customer

Bicara tentang bisnis, mungkin saat ini kita sudah tak lagi asing dengan hal yang satu ini. Bisnis sendiri memang sebuah usaha yang dilakukan, untuk mendapatkan keuntungan dengan modal yang dimiliki.

Ada beragam jenis bisnis yang bisa dilakukan. Mulai dari bisnis tingkat menengah sepertu UMKM, atau bahkan Bisnis yang dilakukan secara daring atau online yang lebih dikenal dengan Bisnis Online yang saat ini cukup banyak dilakukan.

Tentunya, hal ini bukan tanpa sebab. Namun memang karena berkembangnya teknologi dan informasi, kini siapapun bisa memulai bisnis mereka melalui Internet dengan menjual produk, ataupun menawarkan jasa yang mereka mliki.

Walaupun begitu nyatanya melakukan bisnis online tidak semudah yang diperkirakan. Karena, ada banyak sekal aspek-aspek yang perlu diperhatkan.

Mulai dari memilih produk / jasa apa yang akan dipasarkan, sampai memilih marketplace atau pasar dari produk dan jasa yang dipasarkan.

Maka dari itu penting bagi para pebisnis online mengetahui aspek penting ketika memulai bisnis mereka. Mulai dari melakukan riset produk, dan juga mengetahui target customer yang akan mereka dapat.

Dan salah satu yang paling penting dalam bisnis online sendiri sebenarnya adalah menentukan target konsumen atau customer, sesuai dengan produk yang dipasarkan. Mengapa demikian?

Apa itu Target Customer / Konsumen?

Singkatnya, Target Customer adalah cara pemilik bisnis mengelompokkan audiens dari segmentasi yang dibuat, hingga akhirnya menjadi data yang dapat diolah untuk dipelajari kembali.

Dari penjelasan singkat diatas mengenai Target Customer, tentunya hal ini berkaitan erat dengan riset yang dilakukan untuk mendapatkan customer yang sesuai dengan target yang diinginkan.

Cara Menentukan Target Customer

Lantas, bagaimana cara menentukan target customer ketika mulai membangun Bisns Online? Apakah ada cara mudah yang bisa dilakukan? Atau, segmentasi mana saja yang penting untuk dipertimbangkan?

Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti

Membaca Segmentasi Demografik

Pada poin pertama, ketika ingin menentukan target customer, pastikan dulu kamu mengetahui demografik dari audiens atau calon pembeli dari produk / jasa yang dipasarkan.

Disini, kamu bisa menggunakan bantuan beragam tools atau alat yang berguna untuk melihat segmentasi demografik. Adapun yang masuk dalam klasifikasi demografik disini berupa

  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Tingkat pendidikan
  • Tingkat pendapatan
  • Pendidikan

Dari beberapa list diatas, kamu bisa menentukan, apakah produk atau bisnis yang kamu jalankan masuk dalam kategori yang tersedia, atau tidak.

Membaca Segmentasi Geografik

Selain Demografik, penting untuk para pebisns online untuk mengetahui Segmentasi Geografik dari audiens mereka. Tentunya, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam hal ini. Seperti:

  • Lingkungan
  • Kode pos
  • Kode area
  • Kota
  • Provinsi
  • Wilayah

Membaca Segmentasi Persona

Kemudian yang terakhir adalah persona atau personality atau kepribadian psikolog dari Audiens. Biasanya, hal ini berkaitan erat dengan pencarian pengguna, dan juga range harga yang digunakan dalam filterisasi pengguna dalam mencari produk.

Kamu bisa menggunakan segmentasi ini untuk menentukan kebiasaan pengguna dalam mencari produk. Sehingga, kamu lebih mudah untuk mencari celah menjual produk.

Kombinasikan Semua Segmen

Jika sudah mengetahui 3 aspek penting dalam mengetahui target customer, maka langkah final dari semuanya adalah mengkombinasikan segmen tersebut menjadi 1 data master.

Disini, kamu bisa mengolah lebih lanjut sekiranya darimana para audiensmu berasal dari usia, lokasi, dan apa kesukaannya.

Dengan begitu kamu bisa lebih mudah untuk memasarkan produk sesuai dengan kata kunci, dan dengan harga yang bersaing atau ada di range rata-rata (dari segmen persona), namun tetap menjual dan sesuai dengan target customer.

Akhir Kata

Dengan mengetahui segmentasi penting dalam bisnis online, tentunya kamu bisa mengetahui target pasar mana yang harus kamu tuju, dan kearah mana produk atau jasa yang kamu pasarkan mampu terjual. Jangan lupa untuk melakukan riset lebih lanjut, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, ya.

5/5 - (1 vote)
Written by Heyaiz
Lagi belajar jadi Stoikis, dan nurunin ekspektasi atas apapun. Profile