Android, iOS

Cara Mengatasi Notif LINE tidak Muncul pada Android dan iOS

Notif LINE tidak Muncul ialah masalah yang dialami pengguna LINE dalam menerima Notifikasi LINE yang masuk. Baik itu dari sebuah Chat, Video...

Heyaiz Written by Heyaiz · >
Notif LINE tidak Muncul

Notif LINE tidak Muncul ialah masalah yang dialami pengguna LINE dalam menerima Notifikasi LINE yang masuk. Baik itu dari sebuah Chat, Video Call, atau bahkan Phone Call.

Sebagaimana kita ketahui, LINE adalah aplikasi Chatting yang sangat populer dan banyak digunakan di Smartphone Android dan juga iOS.

Selain karena tampilannya yang mudah dipahami, LINE juga memiliki banyak fitur lain, seperti mengganti tema, menambah sticker, ataupun yang lainnya.

Notif LINE tidak Muncul

Lalu, gimana cara mengatasi notifikasi line yang tidak muncul? Apakah sulit? Tenang, kita akan membaginya dalam 2 poin, yakni untuk pengguna Android, dan juga iOS.

Cara Mengatasi Notif LINE tidak Muncul di Android

Oke, yang pertama kita akan bahas untuk pengguna Android dulu ya, dalam hal ini, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan beberapa cara, seperti :

Menghapus Cache Aplikasi LINE

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghapus Cache pada aplikasi LINE kamu. Caranya sederhana kok, kamu hanya perlu

Masuk ke Settings / Pengaturan > Pilih All Apps / semua Aplikasi > Pilih pada LINE > Pilih Clear Cache.

Untuk sebagian smartphone, pasti akan memiliki pengaturan yang berbeda untuk menghapus cache nya, jika kamu tidak menemukannya kamu bisa masuk ke Storage pada Aplikasi LINE, kemudian pilih Clear Cache.


Gunakan Tema Default LINE

Buat kamu yang hobi menggonta-ganti tema LINE, coba deh kamu ganti tema LINE kamu ke Default atau bawaannya.

Kenapa hal ini harus dilakukan? Sebab, terkadang ada beberapa tema yang tidak sepenuhnya support untuk menampilkan notifikasi secara real time. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan cara ini untuk mengatasinya.


Update LINE ke versi Terbaru

Mungkin kamu akan berfikir bahwa mengupdate Aplikasi di Play Store hanya akan menghabiskan quota internetmu bukan?

Memang, hal ini sering kali membuat kesal pengguna Smartphone, terlebih ketika mereka harus melakukan pembaruan pada Aplikasi yang diinstall.

Namun jangan salah, fungsi lain daripada memperbarui Aplikasi adalah kamu bisa selalu up to date dengan perbaikan yang dilakukan oleh developer daripada aplikasi LINE.

Kamu gak perlu memperbarui semua aplikasi yang ada di Play Store kok, cukup LINE saja.


Setting Prioritas Notifikasi LINE

Untuk pengguna Smartphone Xiaomi, tentunya kamu udah gak asing dengan cara yang satu ini. Kamu bisa mengganti prioritas daripada notifikasi LINE kamu, agar tetap muncul di statusbar smartphone kamu.

Caranya juga gampang kok. Kamu hanya perlu masuk ke

Settings > App > All Apps > LINE > Notification > On Notification.

Sama seperti sebelumnya, kamu juga bisa menyesuaikan pengaturan diatas, dengan panel settings daripada smartphone yang kalian gunakan.


Setting LINE menjadi tidak Dibatasi

Hampir disemua smartphone saat ini, kamu bisa mengatur sebuah aplikasi apakah akan berhenti bekerja di latar belakang (background usage) atau tidak.

Coba kamu periksa deh, apakah aplikasi LINE kamu dibatasi oleh penggunaan baterai atau tidak. Cara memeriksanya pun cukup simple.

Kamu hanya perlu masuk ke bagan

Settings > All Apps / Semua Aplikasi / Aplikasi > LINE > Batterai / Battery > Set atau atur ke Tidak di Optimasi / Not Optimized.

Jika status dari LINE adalah Optimized Battery Usage, maka kamu bisa menggantinya ke Not Optimized. Agar LINE bisa bekerja terus secara background usage.


Cara Mengatasi Notif LINE tidak Muncul di iPhone / iOS

Masalah ini tak semata mata dialami pengguna Android saja, namun pengguna iPhone atau iOS juga mengalami hal serupa. Dan untuk mengatasinya pun terbilang mirip dengan Android, seperti

Hapus Cache iPhone

Loh, memangnya bisa menghapus cache di iPhone?

Jawabannya tentu bisa. Namun tidak semua orang mengetahuinya. Padahal, kamu bisa menghapus cache iPhone dengan cara

Tekan tombol Power agak lama sampai muncul tulisan “swipe to power off” > Kemudian, tekan tombol Home agak lama sampai layarmu kembali ke Home Screen iPhone.

Terdengar mudah bukan?


Memperbarui Aplikasi LINE lewat App Store

Sama seperti Google Play Store, iPhone juga memiliki App Store yang memungkinkan kamu untuk menginstall Aplikasi ataupun memperbarui Aplikasi.

Nah, masalah notif line tidak muncul di iPhone biasanya dikarenakan aplikasi yang kamu gunakan belum di update ke versi terbarunya.

Namun saat ingin melakukan pembaruan pada Aplikasi LINE, usahakan kamu terhubung dengan koneksi yang stabil, ataupun koneksi WiFi ya, sebab ukuran pembaruan Aplikasi pada iPhone, akan lebih besar daripada Android.


Atur Prioritas Notifikasi pada LINE

Cara ini hampir mirip dengan cara yang digunakan di Android, namun bedanya adalah jika di iPhone, kamu akan menemukan pengaturan notifikasi yang lebih kompleks. Seperti

  • Izinkan Pemberitahuan: Nyalakan untuk mendapat pemberitahuan dari app yang Anda pilih.
  • Suara: Minta app memutar suara untuk memperingatkan Anda saat menerima pemberitahuan.
  • Lihat saat Layar Terkunci: Nyalakan untuk melihat pemberitahuan dari app di Layar Terkunci.
  • Tampilkan di Riwayat: Lihat pemberitahuan sebelumnya dari app yang Anda pilih.
  • Spanduk: Pilih cara menampilkan pemberitahuan ketika perangkat Anda dibuka. Ketuk Sementara agar peringatan muncul di layar lalu menghilang. Atau ketuk Tetap agar peringatan tetap berada di layar hingga Anda menindaklanjutinya.
  • Tampilkan Pratinjau: Pilih apa yang ingin Anda lihat saat mendapatkan pemberitahuan, seperti pesan teks. (di lansir dari web apple).source : teknolime

Setelah mengatur prioritas dari Notifikasi LINE, kamu bisa mematikan iPhonemu sejenak, dan kemudian menghidupkannya kembali.


Itu dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan, untuk memecahkan masalah notifikasi LINE yang tidak muncul pada perangkat Android ataupun iOS. Semoga berguna.

Written by Heyaiz
User Whyred dan seorang content writer yang hobi ngopi, nongkrong, dan menikmati kehidupan yang fana. Tell me what you need, or leave me a messages Profile
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com