Advertorial, Kesehatan

Cara Menyusui Bayi yang Benar dan Tepat

Cara Menyusui Bayi yang Benar dan Tepat

Cara Menyusui Bayi yang Benar dan Tepat – Menyusui merupakan momen paling spesial bagi para ibu. Pada momen ini Ibu dan Bayi mulai mengenal satu sama lain dan membuat interaksi intens antara satu sama lain.

Ketika sang buah hati terlahir, tentunya para Ibu akan memberikan asupan nutrisi dan juga gizi yang baik untuk bayi. Tentunya, hal ini berguna untuk kecerdasan otak dan perkembangan buah hati.

Itulah mengapa, para Ibu memilih memberikan ASI atau Air Susu Ibu sebagai asupan pertama sang bayi. Karena, ASI sendiri tak memiliki batasan dan memang dikatakan baik untuk sang buah hati yang baru lahir.

Karena ASI sendiri memang merupakan asupan yang baik, terlebih jika sang ibu memang menjaga pola makan, dan mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta memiliki protein yang tinggi.

Itulah mengapa, tak heran jika para ahli menyarankan untuk memberikan ASI pada bayi mulai usia 0 – 6 bulan atau lebih. Karena, pada usia tersebut bayi belum bisa mengkonsumsi makanan bayi olahan yang kadang mengandung pengawet.

Jika mungkin para Ibu yang memiliki Bayi baru lahir sudah biasa menyusui, mungkin kegiatan memberkan ASI akan lebih mudah. Namun, bagamiana jika untuk Ibu yang baru pertama kali memiliki bayi dan baru menyusui?

Tentunya tak jauh beda. Kegiatan menyusui Bayi sendiri memang tak semudah yang dibayangkan. Akan ada beberapa kendala ketika menyusui untuk pertama kali, mulai dari ASI yang sulit keluar ataupun ASI yang berlebihan dan lain sebagainya.

Cara Menyusui Bayi yang Benar dan Tepat

Untuk itu, ada kiranya untuk para Ibu yang baru saja akan menyusui memahami betul tentang cara tepat menyusui bayi baru lahir yang akan kita ulas berikut ini. Seperti:

  • Biarkan bayi menghisap payudara Ibu selama satu jam pertama setelah melahirkan. Mungkin, bayi yang baru lahir belum memiliki ketertarikan untuk menyusu, namun hal ini dapat membantu mencegah pembesaran payudara yang nyeri ataupun pasokan susu dalam jumlah yang besar, jika dilakukan secara sering.
  • Berikan ASI dalam kondisi yang sepi dan tenang, dengan tujuan memberikan rasa rileks dan santai bagi Ibu dan juga buah hati, dan membuat Ibu lebih fokus dalam memberikan ASI.
  • Cari posisi menyusui yang nyaman guna menimbulkan rasa nyaman bagi sang Ibu ketika menyusui, dan juga memberikan rasa tenang untuk Bayi ketika menyusu.
  • Pastikan Ibu dalam kondisi bersih, dengan mencuci tangan menggunakan air, sabun, dan antiseptik guna menghindari bayi terinveksi bakteri dan virus yang berasal dari luar.

Jika sudah memahami beberapa cara penting diatas, selanjutnya Ibu bisa rutin mengkonsumsi makanan yang penuh dengan serat, protein, vitamin, dan juga mineral atau juga Ibu bisa menyelingkan makanan sehat tadi dengan bantuan susu khusus untuk Ibu menyusui.

5/5 - (1 vote)
Written by Nadya Aulia
Tak selamanya wanita itu tidak mampu menjadi sesuatu, selama ia mau mencoba dan belajar, ia bisa menjadi sebuah hal yang mengesankanmu. Profile