Advertorial, Kesehatan

Cara Menghilangkan Ketombe pada Pria

Written by Heyaiz · >
Cara Menghilangkan Ketombe pada Pria

Cara Menghilangkan Ketombe pada Pria cukup banyak dicari oleh para pria yang memiliki rambut panjang atau agak gondrong.

Sebagaimana kita tau, menjaga kesehatan rambut memang tak semestinya untuk kaum wanita saja, melainkan juga untuk para pria.

Nah, salah satu masalah yang sering terjadi pada pria yang memiliki rambut panjang ataupun agak gondrong adalah ketombe. Ketombe sendiri sering muncul akibat beberapa faktor.

Cuaca panas, Rambut yang sering lembab, ataupun kulit kepala yang berminyak. Tentu saja, beberapa faktor tadi juga dapat menimbulkan kondisi tidak nyaman, pada kulit kepala.

Belum lagi jika ketombe yang muncul adalah ketombe basah. Selain mengganggu, jenis ketombe ini bisa menyebabkan bau tak sedap pada rambut.

Cara Menghilangkan Ketombe pada Pria

Tapi jangan dulu panik. Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, untuk menghilangkan ketombe para Pria. Seperti

Hindari Menggunakan Pelindung Kepala saat Kondisi Rambut Masih Basah

Jika kamu senang menggunakan Topi ataupun Helm pada saat berpergian, ada baiknya kamu memastikan jika kondisi rambutmu sudah benar benar kering.

Pasalnya, kondisi rambut yang masih basah dapat memicu munculnya ketombe, hal ini dikarenakan kondisi kulit kepala yang lembab pada saat menggunakan topi atau helm.

Oleh sebab itu, pastikan kamu mengeringkan rambut terlebih dahulu, sebelum menggunakan topi ataupun helm. Baik dengan menggunakan hairdryer, ataupun menggunakan handuk khusus rambut.

Menggunakan Shampo Anti Ketombe Khusus Pria

Untuk poin yang satu ini, mungkin banyak sekali pria yang menghiraukan pentingnya menggunakan Shampo Anti Ketombe Terbaik, yang mana memang dikhususkan untuk pria.

Karena sejatinya, pria tidak terlalu memperhatikan perihal merk dan juga jenis shampoo yang digunakan. Padahal, tiap shampoo sendiri memiliki kebutuhan khusus, baik untuk pria ataupun wanita.

Maka dari itu, jika saat ini kamu menggunakan sembarang jenis shampoo, cobalah cek kembali Shampoo yang kamu gunakan, dan mulailah beralih ke shampoo khusus pria.

Atau, kamu bisa melakukan konsultasi kepada dokter spesialis kulit kepala dan rambut, untuk mendapatkan rekomendasi shampoo yang tepat.

Hindari Menggunakan Minyak Rambut / Gel

Selanjutnya, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari atau tidak menggunakan minyak rambut, atau yang sering dikenal dengan Gel rambut.

Memang sejatinya, minyak rambut sangat dikenal ampuh untuk menjaga kelembapan kulit kepala, ataupun gel yang mampu menjaga bentuk rambut tetap utuh.

Namun ternyata penggunaan minyak rambut atau gel juga bisa menjadi penyebab munculnya ketombe. Biasanya, hal ini dikarenakan oleh kondisi kulit kepala yang tidak cocok, ataupun sisa gel rambut yang mengering, akibat tidak dibersihkan pada saat keramas.

Oleh karena itu, jika mungkin kamu hobi menggunakan gel rambut atau minyak rambut, lakukan percobaan selama 1 – 2 hari. Jika kulit kepala terasa gatal, segera hentikan kebiasaan tersebut. Dan jangan lupa untuk membersihkan kulit kepala dan rambut, menggunakan shampoo hingga bersih.

Jaga Kebersihan Sekitar

Terakhir, cara sederhana yang bisa kamu lakukan utnuk mencegah kulit kepala berketombe adalah dengan menjaga kebersihan sekitar, terutama tempat tidur.

Mengapa hal ini penting? Sederhananya, kadang kita sembarang saja tidur di kasur atau bantal yang mungkin terdapat kotoran seperti debu, dan lain hal.

Kotoran-kotoran seperti ini, biasanya bisa dengan mudah menempel pada kulit kepala. Alhasil, efek yang ditimbulkan adalah rasa gatal pada kulit kepala, dan akhrinya melukai kulit kepala dan menyebabkan ketombe kering.


Kesimpulan

Itulah tadi beberapa Cara Mencegah serta menghilangkan Ketombe pada Pria yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

5/5 - (1 vote)
Written by Heyaiz
Lagi belajar jadi Stoikis, dan nurunin ekspektasi atas apapun. Profile