Advertorial, Kesehatan

Cara Menggosok Gigi yang Benar

Written by Heyaiz · >
Cara Menggosok Gigi yang Benar

Bagaimana Cara Menggosok Gigi yang Benar? Mungkin pertanyaan ini terdengar sepele untuk beberapa orang. Terlebih, orang dewasa.

Kegiatan menggosok gigi memang menjadi salah satu hal penting, untuk menjaga kesehatan dan juga kebersihan mulut. Terlebih, untuk menghilangkan sisa makanan, dan mencegah gigi berlubang.

Bahkan, para ahli gigi juga menyarankan kita untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari, dan juga sebelum tidur.

Hal ini sangat dianjurkan, agar bakteri yang ada didalam mulut dan gigi, tidak berkembang biak, dan menyebabkan penyakit gigi ataupun gusi yang lebih parah.

Walaupun begitu, ternyata tidak semua orang mengerti tentang cara menggosok gigi yang benar. Padahal, ini sangat penting lho, apalagi untuk sela-sela gigi yang mungkin sulit terjangkau.

Cara Menggosok Gigi yang Benar

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas sedikit tentang cara menggosok gigi yang baik dan benar, untuk hasil yang lebih maksimal pada gigi kalian.

Sikat Gigi dengan Posisi Vertikal

Mungkin ada beberapa orang yang sering kali menggosok gigi, dengan arah atau posisi menyikat gigi yang salah. Walaupun terdengar sepele juga, tapi faktanya posisi menggosok gigi juga sangat berpengaruh lho.

Pastikan ketika kamu menggosok gigi bagian depan, kamu membuka mulut sedikit atau memberi jarak antara gigi atas dan gigi bawah.

Kemudian, posisikan sikat gigimu secara vertikal atau berdiri, dan sikat gigimu dari atas kebawah.

Cara ini sangat berguna untuk membersihkan sisa makanan dan kotoran, yang menempel pada sela-sela gigi. Sebab, posisi menyikat dari atas kebawah, akan membersihkan sela-sela gigi.

Dan bagian gigi dalam seperti pojok kanan dan pojok kiri atas ataupun bawah, kamu bisa menyesuaikan dengan karakteristik rahang dan gigimu.

Jangan lup untuk membersihkan bagian dalam gigi, secara vertikal keluar agar sisa makanan dan bakteri pada mulut ikut keluar ketika berkumur.

Gunakan Pasta Gigi yang Sesuai

Kemudian juga tak kalah penting untuk diperhatikan, ialah pemilihan pasta gigi. Sebagaimana kita tau, saat ini ada beberapa pasta gigi yang diklasifikasikan berdasarkan usia.

Tentunya hal ini mengacu pada kandungan dalam pasta gigi tersebut. Misalnya untuk anak anak, maka produsen pasta gigi akan menyesuaikan kandungan didalamnya, untuk keamanan anak-anak.

Begitupun dengan orang dewasa, kita juga harus mengetahui jenis pasta gigi yang tepat.

Kamu bisa menggunakan pasta gigi yang umum, jika kamu tidak memiliki gangguan pada gigi. Tapi jika kamu mempunyai gigi sensitif, kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif.

Gosok Gigi Dengan Lembut dan Teratur

Kemudian yang terakhir, adalah memperhatikan cara menggosok gigi yang benar.

Masih menyinggung poin pertama yang sudah ditulis tadi, kalian juga harus menyikat gigi dengan lembut. Tidak perlu terlalu cepat atau terlalu keras ketika menyikat gigi.

Karena, hal ini akan menyebabkan luka jika sikat gigi tak sengaja mengenai bagian gusi pada gigi. Maka dari itu, lakukan secara perlahan.

Kesimpulan

Mejaga kesehatan mulut dengan menyikat gigi sangatlah penting. Selain untuk membuat gigi tetap bersih, menyikat gigi dengan rutin juga bisa menghindarkan seseorang dari bau mulut. Semoga bermanfaat.

Written by Heyaiz
User Whyred dan seorang content writer yang hobi ngopi, nongkrong, dan menikmati kehidupan yang fana. Tell me what you need, or leave me a messages Profile