Komputer dan Laptop

Cara Membersihkan File Sampah di Laptop

Heyaiz Written by Heyaiz · >
Cara Membersihkan File Sampah di Laptop

Untuk sebagian orang, Cara Membersihkan File Sampah di Laptop merupakan cara agar kinerja laptop atau komputer kembali normal dan tidak lemot.

Sebagaimana kita tau, file sampah pada laptop atau komputer biasanya muncul akibat banyaknya aplikasi yang kita install, yang mana aplikasi tersebut akan membuat file cache dan juga temp pada system.

Sebetulnya, ukuran file cache dan temp ini tidak terlalu besar. Namun, apabila dibiarkan menumpuk begitu lama, tentunya akan mengganggu kinerja laptop / komputer kita.

Sebab itulah, para pengguna harus rutin melakukan pembersihkan file sampah, setidak nya 2 hari sekali, atau bahkan seminggu sekali. Tentunya agar kondisi komputer / laptop tetap bekerja dengan maksimal.

Sama seperti membersihkan file sampah di Android, setidaknya ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan, untuk menghilangkan file sampah pada laptop atau komputer.

Gak cuma itu aja, cara ini juga bisa kamu terapkan pada semua operating system Windows. Baik itu Windows 7, sampai Windows 10.

Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Windows 10

Untuk pembahasan pertama, kita akan mengulasnya untuk pengguna Laptop dengan OS Windows 10. Pastinya udah tau semua dong. Bahwa Windows 10 merupakan OS yang paling Populer.

Menggunakan Fitur RUN

Meskipun terdengar sepele, tapi siapa sangka bahwa fitur run pada Windows 10 bisa menjadi alternatif untuk membersihkan sampah di Laptop? Begini caranya.

Pertama – Buka aplikasi Run dengan cara berikut ini

  1. Tekan Tombol Windows + R atau
  2. Buka menu Start > Ketikkan RUN

Kedua – Setelah terbuka, ketikkan perintah temp lalu Enter

buka command run

Ketiga – Jika muncul pop-up perizinan, tekan saja OK

Keempat – Setelah itu, kalian akan melihat tampilan Windows Explorer seperti berikut ini

Terakhir – Seleksi semua file yang ada dengan menekan CTRL + A lalu tekan tombol Delete

cara menghapus file temp

Seperti pada capture diatas, tidak semua file temp bisa dihapus. Jika muncul peringatan seperti diatas, pilih saja Cancel.

Menghapus File Sampah di Local pada Drive C

Cara diatas bukanlah satu-satunya cara yang bisa digunakan untuk menghapus file sampah di Laptop. Selanjutnya kita bisa menghapus file sampah di Local pada Drive C Windows.

Pertama – Jalankan Run dengan cara menekan Tombol Windows + R

Kedua – Ketikkan perintah berikut %temp% lalu tekan Enter

menghapus file temp dengan run

Terakhir – Lakukan langkah yang sama seperti sebelumnya, yakni dengan menyeleksi semua file sampah dengan menekan CTRL + A lalu menghapusnya dengan tombol Delete

menghapus file sampah di drive c

Perbedaan antara cara kedua dan pertama adalah, tidak semua file temp pada Local bisa dihapus. Sebab, ada beberapa aplikasi Aktif yang masih menggunakan file temp tersebut.

Cara Membersihkan File Sampah di Drive C

Nah, untuk kamu yang mungkin mengalami penyimpanan penuh pada Drive C atau Harddisk, kalian bisa coba cara berikut untuk menghapus file sampah di Drive C, pada semua OS dan juga pada komputer ataupun Laptop.

Menggunakan Disk Cleanup

Pertama – Buka Windows Explorer dengan menekan shortcut Windows + E

Kedua – Klik kanan pada Drive C > pilih Properties

klik kanan pada drive c lalu pilih properties

Ketiga – Masuk pada tab General, lalu pilih Disk Cleanup

Keempat – Pilih pada beberapa kategori file yang sekiranya memiliki ukuran besar. Tapi perlu dicatat, hati-hati dalam memilih nya agar tidak ada file penting yang terhapus.

Terakhir – Tekan OK dan pilih Delete Files, dan tunggu hingga prosessnya selesai.

membersihkan file sampah di drive c

Setelah prosess pembersihan file selesai, kalian bisa melakukan restart pada komputer / laptop kalian.

Menggunakan CCleaner

Selanjutnya, kita membutuhkan Aplikasi tambahan, yakni CCleaner. Jika kamu belum memilikinya, kamu bisa mendownload CCleaner lewat link dari BAGAS31

Pertama – Setelah menginstall CCleaner, jalankan Aplikasi tersebut

Kedua – Pilih pada tab Custom Clean

membersihkan file sampah dengan ccleaner

Ketiga – Klik pada Analyze dan tunggu sampai proses nya selesai

menghilangkan file sampah dengan ccleaner

Terakhir – Setelah proses scanning selesai seperti gambar diatas, klik Run Cleaner untuk menghapus semua file sampah yang ada

menghapus semua file sampah dengan ccleaner

Nah, sampai sini kamu bisa langsung restart laptop ataupun komputer kalian. Biasanya, saya pribadi melakukan cara ini sebelum mematikan komputer / laptop.

Menggunakan HDCleaner

Sama seperti CCleaner, HDCleaner juga bisa digunakan untuk membersihkan file sampah di Drive C baik di Komputer atau Laptop.

Untuk tutorial lengkapnya, kalian bisa melihat video berikut ini.

Kesimpulan

Dengan menggunakan beberapa cara diatas, kamu bisa dengan mudah membersihkan file sampah di laptop ataupun komputer, agar tidak lemot ketika menggunakan komputer atau laptop.

Silahkan gunakan cara yang sekiranya paling mudah dan efektif di perangkat kalian. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Written by Heyaiz
User Whyred dan seorang content writer yang hobi ngopi, nongkrong, dan menikmati kehidupan yang fana. Tell me what you need, or leave me a messages Profile