Gadget

Cara Menghapus File Sampah di Android

Heyaiz Written by Heyaiz · >
cara-menghapus-file-sampah-android

Bagaimana Cara Menghapus File Sampah Android? Seperti apa cara cek File Sampah di Android?

Kedua pertanyaan tersebut kerap dipertanyakan oleh pengguna Android yang penyimpanannya penuh. Terlebih, jika mereka merasa tidak menginstall atau menyimpan file yang terlalu besar.

Sebagaimana kita tau, penyimpanan yang penuh di Android bisa menjadi penyebab menurunnya performa smartphone seperti lemot ataupun lambat saat melakukan multi-tasking di ponsel pintar mereka.

Itulah mengapa, tak sedikit yang berusaha menggunakan Aplikasi pembersih file sampah di Android, yang ternyata malah membuat smartphone semakin berat.

Belum lagi jika Aplikasi yang mereka unduh justru memunculkan iklan yang mengganggu. Pastinya sangat menyebalkan bukan?

Sebab itulah, kali ini Jadi Tau akan membagikan informasi tentang Cara Menghapus File Sampah Android, yang dijamin ampuh dan tanpa menampilkan satupun iklan yang menganggu.

Cara Menghapus File Sampah Android

Sebelum kita masuk ke poin utamanya, ada baiknya kita mengunduh terlebih dulu Aplikasi yang dibutuhkan, yakni Google Files.

Sedikit informasi tentang aplikasi ini. Google Files atau Files by Google adalah Aplikasi pembersih file sampah terbaik yang di develop langsung oleh pihak Google.

Aplikasi ini mampu menganalisa dan mengorganisir file yang sekiranya memiliki ukuran besar, duplicate, junk files, dan file yang tidak digunakan seperti Whatsapp Media, atau bahkan file ukuran kecil yang tidak terpakai.

Google Files sendiri berukuran kurang dari 1 MB dan Tanpa Iklan. Sehingga, pengguna tidak akan terganggu. Dan jangan lupa, Aplikasi ini juga Gratis, kok.

Cara Menghapus File Sampah di Android dengan Google Files

Nah, kalau kamu sudah menginstall Aplikasi Google Files, mari kita lanjut untuk menghapus file sampah yang ada di Android.

1. Jalankan Aplikasi Google Files

2. Jika muncul perizinan untuk mengaksess Media / Files di Internal Storage, pilih saja Izinkan

3. Setelah memberikan perizinan, pilih kategori yang akan dihapus. Untuk pertama, kita akan menghapus Junk Files.

tampilan-google-files

Catatan : Jika tidak muncul kategori Junk Files, tarik layar kebawah atau lakukan refresh untuk memunculkan kategori tersebut.

4. Setelah itu klik pada tombol Delete untuk menghapus Junk files yang ada.

hapus-file-sampah-di-android

5. Tunggu hingga prosess penghapusan selesai, dan kalian sudah berhasil menghapus file sampah di Android.


Biasanya, ukuran junk files cukup beragam. Tergantung dari berapa lama kalian tidak melakukan pembersihan pada file tersebut.


Setelah selesai, kalian tinggal mencari kategori lain yang akan dihapus. Seperti

  • Memes
  • Duplicate Files
  • Large Files
  • Downloaded Files

Tapi perlu diperhatikan, untuk beberapa kategori seperti Large Files dan Downloaded Files, kalian perlu melakukan sortir / pemilihan file terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tidak ada file yang sekiranya penting ikut terhapus.

Namun untuk Memes dan Duplicate Files, kalian bisa menghapusnya secara langsung, agar penyimpanan di internal storage semakin luas.

Itulah sedikti pembahasan tentang cara menghapus file sampah android yang bisa kamu terapkan di smartphone kalian masing-masing. Semoga bermanfaat.

Written by Heyaiz
User Whyred dan seorang content writer yang hobi ngopi, nongkrong, dan menikmati kehidupan yang fana. Tell me what you need, or leave me a messages Profile