Bahaya Nitrogen Oksida Bagi Tubuh, Ini Cara Menghindari Paparannya

5/5 – (11 votes)

Nitrogen Oksida atau NOx adalah senyawa oksigen dan nitrogen yang terbentuk dari hasil pembakaran dengan suhu tinggi.

Biasanya pembakaran dari gas, solar, bahan organik, hingga minyak bumi. Pembakaran-pembakaran tersebut bahkan kita temui sehari-hari dan bahaya nitrogen oksida bisa terjadi dari udara maupun bentuk cair.

Paparan tersebut apabila terjadi terus-menerus tentu saja membuat berbagai faktor, khususnya pada tubuh. Misalnya, nitrogen oksida bisa terjadi dari pembakaran minyak, seperti bensin dan solar. Anda setiap hari melakukan aktivitas di luar atau di jalan.

Mau tidak mau, Anda akan terpapar dengan zat-zat yang berasal dari asap kendaraan tersebut. Selain pernapasan, kesehatan di dalam tubuh juga bisa terjadi apabila terlalu sering terpapar zat nitrogen oksida.

Penyebab Paparan Zat Nitrogen Oksida

Bahaya nitrogen oksida udara akan berbeda dengan yang cair. NOx cair bisa berasal dari hujan asam dan faktor yang akan ditimbulkan ialah iritasi pada kulit dan mata.

Read More

Pencemaran NOx bisa dikatakan sebagai faktor jangka panjang. Lalu, apa jangka pendeknya?

Paparan zat nitrogen oksida bahkan bisa menyebabkan faktor jangka panjang, khususnya pada kesehatan. Gejala yang bisa timbul dari paparan nitrogen oksida, antara lain:

  1. Gangguan pada sistem pencernaan, khususnya asma
  2. Membahayakan janin yang sedang berkembang
  3. Pembengkakan Tenggorokan
  4. Mutasi genetik
  5. dll.

Penyebab tersebut mungkin tidak terlihat pada waktu sekarang, tetapi bisa terlihat pada waktu yang akan datang.

Hal ini tentu tidak bisa Anda abaikan dan perlu antisipasi lebih awal agar tidak terjadi faktor yang lebih membahayakan, seperti kematian.

Cara Menghindari Paparan dari Zat Nitrogen Oksida

Aktivitas di luar atau sehari-hari tentu tidak bisa Anda tinggalkan. Cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan menghindari paparan zat berbahaya dengan antisipasi ringan. Berikut yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari Zat Nitrogen Oksida.

1. Selalu Gunakan Masker/Sarung Tangan Ketika Berkendara

Asap kendaraan merupakan penyumbang zat nitrogen oksida paling besar, yaitu dari motor, mobil, atau truk. Apabila Anda harus melakukan aktivitas di luar atau berkendara, pakailah pelindung masker dan sarung tangan.

Masker akan melindungi area hidung agar tidak mengganggu pernapasan, khususnya kesehatan paru-paru. Risiko terbesar yang bisa terjadi ialah penyakit asma, jadi asma tidak hanya dari keturunan, tetapi juga bisa terjadi karena faktor luar.

Sarung tangan bisa melindungi kulit dari asap nitrogen oksida yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

Radikal bebas yang terpapar terlalu lama pada kulit juga bisa menyebabkan risiko kanker kulit. Jadi, jangan sepelekan dua hal tersebut.

2. Hindari Berdiri di Dekat Bus atau Truk Terlalu Lama

Bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas di jalan, sebaiknya hindari berdiri di dekat bus atau truk, karena dispersinya dari sumber emisi bisa berjalan jauh, walaupun perlu dispersi emisi untuk mengetahui seberapa jauh persebarannya.

Namun demikian, sebelum kajian perlu dilakukan inventarisasi emisi polutan terlebih dahulu, sama halnya ketika kita melakukan inventarisasi gas rumah kaca.

Bahan bakar solar dari dua kendaraan tersebut akan mengalami pembakaran dan menghasilkan zat nitrogen oksida.

Paparan tersebut juga termasuk cukup besar dan menyebabkan risiko tinggi bagi kesehatan Anda. Usahakan untuk menghindari bus atau truk dan beralih ke tempat yang lebih aman dari paparan asap kendaraan tersebut.

3. Buat Ventilasi di Rumah

Penggunaan gas untuk kompor juga bisa menyebabkan terjadinya zat nitrogen oksida. Hal ini karena adanya pembakaran gas dan perlu hati-hati pula jika terjadi kebocoran gas.

Selain gas, alat pemanas juga bisa menghasilkan zat Nox dan pasti banyak digunakan di dalam peralatan rumah tangga.

Anda perlu memiliki ventilasi yang lebar di rumah agar paparan tersebut lebih cepat keluar dan tidak berada cukup lama di ruangan.

Penting sekali membuat rumah dengan banyak ventilasi karena untuk kesehatan keluarga.

4. Hindari Asap Rokok

Meskipun NOx bisa terjadi karena pembakaran dalam suhu yang tinggi, tetapi bisa juga berasal dari asap rokok. Pembakaran pada rokok ternyata juga menyebabkan emisi pencemaran udara dan berbahaya bagi kesehatan.

Selain pengguna, rokok juga sangat berbahaya bagi yang menghirup asapnya. Selain lewat asap, zat NOx juga bisa menyerang kesehatan tubuh lewat kulit.

Agar tidak terpapar dengan zat berbahaya, sebaiknya Anda menghindari perokok atau area rokok.

5. Hindari Area Pabrik

Pabrik memiliki sistem pembakaran untuk produksi produk mereka. Tentu saja limbah udara akan lebih banyak tersebar di sekitar pabrik.

Sebaiknya hindari area pabrik atau Anda bisa menggunakan pelindung seperti masker dan sarung tangan apabila mengunjungi pabrik.

Itulah yang bisa ditimbulkan oleh zat nitrogen oksida atau NOx yang tentu saja ada di sekitar Anda. Selain itu, zat tersebut juga kerap kali terjadi pada aktivitas sehari-hari.

Itu mengapa, penting sekali untuk mengantisipasi atau menggunakan pelindung agar kesehatan tetap terjaga. Bahaya nitrogen oksida akan lebih berisiko untuk jangka panjang.


SIMILAR POSTS

Related posts