Skip to content
Mobile Menu
Jadi Tau
  • Jadi Tau
  • Home
  • Advertorial
  • Cara
    • Bank Digital
    • Mengatasi
    • Mengganti
  • Digital Marketing
    • Content Marketing
    • Influencer Marketing
    • SEO Marketing
    • Youtube Marketing
  • Gadget
    • Komputer dan Laptop
    • Android
    • iOS
  • Game
  • Kesehatan
  • PayPal
  • Wisata
    • Destinasi
    • Kuliner
Headline
20 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa: Tangguh dan Terjangkau Rekomendasi Game Online yang bisa kamu Mainkan Berdua Cara Beli Paket 10N+ Smartfren, Bisa lewat SMS? 5 Distro Linux yang siap menggantikan Windows 11 Cara Simpan Video Note Whatsapp
Home Digital Marketing Skill yang harus dikuasai untuk jadi Social Media Specialist

Skill yang harus dikuasai untuk jadi Social Media Specialist

Heyaiz
22 April 202316 May 2023853 Views

Skill yang harus dikuasai untuk jadi Social Media Specialist – Menjadi seorang Social Media Specialist adalah impian Gen Z atau mereka yang saat ini berkutat di dunia Digital Marketing. Seperti yang dilansir pada laman Glints, Social Media Specialist adalah posisi yang fokus pada menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik untuk berbagai platform media sosial perusahaan tertentu.

Pekerjaan di bidang Social Media Specialist ini cukup menjadi trend di beberapa tahun lalu, lebih tepatnya ketika para perusahaan atau brand mulai menggunakan social media untuk wadah promosi mereka.

Ada banyak jenis platform yang bisa digunakan, mulai dari Instagram, TikTok, Facebook, Youtube, dan lain sebagainya. Ditambah lagi, gaji rata-rata seorang Social Media Specialist sendiri berikisar antara Rp 7.000.000 – Rp 15.000.000 (quipper). Tentunya, tiap daerah mungkin memiliki rate atau gaji yang berbeda, ya.

Table of Content hide
Skill yang harus dikuasai untuk jadi Social Media Specialist
1. Storytelling Skills
2. Visual Aesthetic
3. Community Management
4. Trend Awareness
5. Embracing Channel Diversity
6. Determining KPIs
7. Social Media Ads

Skill yang harus dikuasai untuk jadi Social Media Specialist

Skill yang harus dikuasai untuk jadi Social Media Specialist
Skill yang harus dikuasai untuk jadi Social Media Specialist

Untuk menjadi seorang Social Media Specialist sendiri kini sangat mudah. Kamu bisa mengikuti beberapa pelatihan dasar mengenai trend Social Media Specialist yang bisa kamu temukan secara online. Namun, terlepas dari itu ada beberapa skill dasar yang harus kamu kuasai untuk bisa menjadi seorang Social Media Specialist, seperti.

1. Storytelling Skills

Jadi salah satu kemampuan dasar seorang Social Media Specialist, skill ini wajib kamu miliki untuk dapat menarik perhatian pembaca dengan membuat rangkaian cerita pada caption untuk menarik minat dari audiens kalian.

Read More
  • Bounce Rate – Pengertian, Formula, Faktor, dan Cara Optimasinya
  • WebP vs AVIF, Mana yang Lebih Baik untuk SEO?
  • Apa itu Ads.txt? dan Bagaimana Cara Membuatnya?

2. Visual Aesthetic

Visual desain yang eye-catching jadi salah satu poin yang harus ada pada seorang Social Media Specialist. Tak perlu expert untuk bidang ini. Selama kamu mengerti bagaimana sebuah visual terlihat sedap dipandang mata, kamu bisa mempelajari lebih tentang padanan warna, komposisi desain, dan bagaimana membuat visual yang dapat menarik minat audiens.

3. Community Management

Skill selanjutnya adalah Community Management yang mana skill ini berguna untuk melakukan interaksi dengan audiens secara daring. Kamu bisa mulai dengan membalas direct messages, pertanyaan, komentar, ataupun kritik dan saran dari audiens.

4. Trend Awareness

Sama seperti SEO, Social Media juga memiliki algoritma untuk trend yang dihadirkan. Untuk itu, seorang Social Media Specialist wajib memiliki kemampuan untuk membaca trend yang sedang terjadi, dan membuat konten yang relate dengan trend tersebut.

5. Embracing Channel Diversity

Mungkin terdengar baru untuk kalian. Namun, skill Embracing Channel Diversity merupakan soft skills yang mengharuskan seorang Social Media Specialist mengerti dengan konten yang di post pada platform social media mereka.

Misalnya, post yang yang memiliki engagement tinggi di Instagram, belum tentu memiliki nilai engagement yang sama seperti di TikTok. Jadi, seorang Social Media Specialist harus memahami trend yang sesuai dengan platform yang digunakan.

6. Determining KPIs

Untuk kamu yang bekerja di perusahaan dan menjadi seorang Social Media Specialist, mungkin hal ini sudah tak asing. Tapi untuk kamu yang hendak terjun menjadi Social Media Specialist, Determining KPIs merupakan bentuk tanggung jawab untuk mengukur tingkat keberhasilan campaign atau konten yang dipublish.

Dengan menggunakan KPI, tentunya hal ini bisa menjadi bahan evaluasi lebih lanjut dari campign yang sedang berjalan, atau hendak dijalankan dilain waktu.

7. Social Media Ads

Terakhir, seorang Social Media Specialist juga harus mengerti bagaimana mendapatkan audiens yang sesuai dengan target market mereka. Dengan menggunakan Social Media Ads seperti Facebook Ads, Instagram Ads, TikTok Ads, Twitter Ads, dan lain sebagainya, kamu bisa mendaptkan demografi dari pengguna di tiap masing-masing platform.

Dengan begitu, kamu bisa menentukan sekiranya jenis iklan apa yang sesuai dengan kebutuhan dan budget, serta tujuan campaign atau Ads dijalankan.

Gimana? Setelah mengetahui basic skills yang harus dipahami tadi, apakah kamu siap menjadi seorang Social Media Specialist?

  • point source: https://www.linkedin.com/feed/update/urn:li:activity:7052496652846190592/
5/5 – (2 votes)
Post Views: 853
belajar menjadi social media specialistcara jadi admin sosial mediacara jadi social media specialistcara menjadi social media managercara menjadi social media specialistcara menjadi social media specialsitmenjadi social media specialistskill social media specialistSkill yang harus dikuasai untuk jadi Social Media Specialistsocial media specialist
Share

Post navigation

Previous post Cara Bayar Zakat lewat BCA Mobile
Next post Rilis iPhone 15, Apple Hentikan Produksi Ponsel Lama Ini

Related posts

  • Bounce Rate – Pengertian, Formula, Faktor, dan Cara Optimasinya

    Bounce Rate – Pengertian, Formula, Faktor, dan Cara Optimasinya

  • WebP vs AVIF, Mana yang Lebih Baik untuk SEO?

    WebP vs AVIF, Mana yang Lebih Baik untuk SEO?

  • Apa itu Ads.txt? dan Bagaimana Cara Membuatnya?

    Apa itu Ads.txt? dan Bagaimana Cara Membuatnya?

  • Impression adalah

    Impression Adalah: Pengertian Dan Perhitungan Impression

  • Cara Dapat Uang dari Internet

    Cara Dapat Uang dari Internet: Panduan Lengkap

  • Share of Voice, Pengertian dan Cara Menghitungnya

    Share of Voice, Pengertian dan Cara Menghitungnya

Banyak dibaca

  • tidak bisa ketik password wifi di windows 10
    Komputer dan Laptop34686 Views
    Tidak Bisa Ketik Password WiFi di Window…
  • spotify-tiba-tiba-berhenti
    Gadget16652 Views
    Spotify Tiba Tiba Berhenti? Begini Cara …
  • Cara Top up Blu by BCA
    Gadget14659 Views
    Cara Top Up Blu by BCA
  • cara setting apn by.u - jaditau.my.id
    By.U9723 Views
    Cara Setting APN By.U Telkomsel
  • cara-membuat-nama-kosong-di-whatsapp
    Gadget9001 Views
    Cara Membuat Nama Kosong di Whatsapp

Topik Populer

  • download instapro 2020
  • instapro 6.30 apk
  • download instapro apk 2020
  • instapro terbaru 2020
  • download instapro mod apk
  • Mobile Legends
  • digital marketing
  • instapro apk 2019
  • instapro 2020
  • download instapro
Jadi Tau
  • Home
  • Email us
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Hai! Ini Kami
  • Advertise on Jadi Tau

Social Network

  • Facebook
  • Twitter
  • WordPress
  • Instagram
  • Youtube
  • RSS
All Right Reserved - 2020 | Jadi Tau
DMCA.com Protection Status