Komputer dan Laptop

Hidari Hal Berikut, Agar Laptop Tidak Lemot

Laptop lemot adalah kondisi dimana kinerja laptop menurun dan menjadi lamban, terlebih saat membuka banyak aplikasi sekaligus.

Pastinya hal ini sangat mengganggu pengguna Laptop, dalam mengerjakan aktivias mereka. Terlebih, jika harus menggunakan Laptop setiap hari.

Selain karena faktor pemakaian, ternyata masih ada loh hal-hal yang bikin laptop jadi lemot. Maka dari itu, kamu harus menghindari hal berikut, agar laptopmu tidak lemot.

Tidak Mematikan Laptop dengan Baik

mengatasi laptop lemot dengan mematikan laptop dengan benar

Mungkin kita pernah terburu-buru dalam mematikan perangkat laptop kita. Alhasil, ketika proses Shut Down belum berjalan dengan sempurna, kita langsung menutup laptop begitu saja.

Nah, hal ini harus kamu hindari ya, karena kalau ini terus terjadi ini akan berpengaruh kepada Hard Disk dari Laptopmu, dan membuat laptop menjadi lemot.

Menginstall Terlalu Banyak Aplikasi

mengatasi laptop lemot dengan tidak menginstall terlalu banyak aplikasi

Pada umumnya, Laptop memiliki standar RAM dengan kapasitas 4GB, tapi ada juga yang lebih dari itu.

Namun, masih banyak pengguna Laptop dengan kapasitas 4GB yang memaksa untuk menginstall Aplikasi terlalu banyak. Hal ini tentu membuat laptopmu menjadi lemot, dan performanya menurun.

Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa coba lebih mengutamakan aplikasi yang memang dibutuhkan. Namun, jika memang harus menggunakan aplikasi yang cukup berat, cobalah untuk mencari versi paling ringan atau versi lama dari aplikasi tersebut.

Tidak Melakukan Shut Down

mengatasi laptop lemot dengan melakukan shut down

Sama seperti poin pertama, kadang banyak pengguna Laptop yang tidak pernah melakukan Shut Down. Malah terkadang, mereka sering kali menggunakan mode sleep, atau langsung menutup laptopnya begitu saja.

Taukah kamu? Dalam kondisi ini, Hard Disk laptop akan dipaksa untuk terus bekerja, dan tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup bagi sebuah hard disk yang menyimpan file sistem.

Jika diumpamakan, kondisi ini sama seperti manusia yang belum tidur, kemudian langsung dibangunkan ketika sedang setengah sadar (tidur sejenak) pastinya akan kaget bukan?

Tidak Melakukan Defrag

mengatasi laptop lemot dengan Melakukan Defrag

Defrag adalah salah satu fitur yang berguna untuk menganalisa kesehatan Hard Disk laptop kamu.

Bayangkan, kalau kamu gak melakukan pemeriksaan kesehatan, kamu gak akan tau kan penyakit apa saja yang ada didalam laptopmu?

Maka dari itu, kamu bisa melakukan Defrag secara berkala, baik itu 2 hari sekali, atau bahkan seminggu sekali.

Tidak Mengatur Start up Program

mengatasi laptop lemot dengan Mengatur Start up Program

Apa kamu pernah mengalami laptop lag / lemot pada saat Start up atau masuk kedalam Windows di Laptop?

Jika iya, mungkin hal ini disebabkan karena kamu tidak mengatur Aplikasi apa saja yang otomatis berjalan, pada saat masuk kedalam system.

Pada hakikatnya, Start up program membantu kamu untuk membuka Aplikasi secara otomatis dan lebih cepat. Namun, jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan otomatis ketika masuk windows, ini bisa membuat laptopmu lemot loh.

Maka dari itu, coba diperiksa lagi, aplikasi apa saja yang tidak harus melakukan start up atau berjalan otomatis.


Akhir Kata

Dengan memperhatikan kesehatan Hard Disk dan juga kinerja laptop, ini bisa menjadi cara sederhana agar laptopmu tidak lagi lemot, dan dapat membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaanmu.

Written by Nadya Aulia
Tak selamanya wanita itu tidak mampu menjadi sesuatu, selama ia mau mencoba dan belajar, ia bisa menjadi sebuah hal yang mengesankanmu. Profile