Facebook Ads – Kelebihan dan Kekurangannya

5/5 – (2 votes)

Facebook Ads, layanan iklan digital yang banyak digunakan internet marketer untuk mengiklankan produk dengan efektif untuk mendapatkan keuntungan dari conversion, dan juga klik.

Bicara tentang Facebook Ads, mungkin sebagian dari kita sudah gak asing dengan hal satu ini. Terlebih kalau kamu adalah pemilik brand atau produk yang sering melakukan promosi digital.

Layanan ini juga banyak digunakan, karena prosesnya yang mudah, serta budget yang dikeluarkan juga bisa disesuaikan pengguna agar mendapatkan keuntungan dari produk yang dipasarkan.

Mulai dari produk digital, jasa, dan lain sebagainya, bisa diiklankan secara digital dengan mudah, untuk menemuhi kebutuhan digital marketing pemilik, untuk mendpat jangkauan yang lebih luas.

Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads

Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads
Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads

Jika kamu baru saja memulai digital marketing dan ingin berikan secara digital, ada beberapa kekurangan dan kelebihan Facebook Ads yang harus kamu ketahui lebih dulu, seperti.

Read More

Kelebihan dari Facebook Ads

  1. Target Pemasaran yang Ditentukan Sendiri – Sampai saat ini para pengiklan masih bisa mendapatkan jangkauan yang lebih luas, interaksi sosial yang lebih ramai, serta konversi yang lebih tinggi (berdasarkan topik dan target yang digunakan).
  2. Aktivitas Branding yang Efisien – Iklan akan muncul secara multi-platform seperti Facebook Apps, atau Web mobile.
  3. Pilihan Konten yang Beragam – Pengiklan bisa menggunakan elemen visual seperti gambar, banner, dan video singkat.
  4. Biaya yang Sesuai – Untuk budget minimum adalah 16.000 – 20.000.
  5. Proses Iklan yang Mudah – Seperti pada layanan iklan digital lain (Google Ads, Bing Ads) Facebook juga menyediakan Meta Center untuk pengguna memantau campaign yang dijalankan.

Kekurangan Facebook Ads

  1. Minat Pengguna – Kadang ada saja para pengguna Facebook yang tidak mencantumkan minat dan hobby mereka dalam profile sehingga sulit untuk menjangkau audiens sesuai dengan target yang diharapkan.
  2. Persaingan yang Tinggi – Banyaknya para Internet Marketer yang menggunakan Facebook untuk mempromosikan/mengiklankan produk yang dimiliki sehingga kompetitor dari Facebook ads semakin meningkat tahun ke tahun.
  3. Tingkat Konversi yang ‘Gambling’ – Walaupun Facebook Ads memiliki target pasar yang bisa dipilih pengguna, namun poin nomor 1 masih menjadi pengaruh dari bagaimana konversi yang diharapkan sulit untuk tercapai.
  4. Rule/Aturan Iklan yang Bermasalah – Walaupun facebook memiliki otomatisasi pada rule/aturan iklan berjalan, kadang kala Facebook masih memiliki bug yang mana untuk tampilan iklan harus dipantau dan diatur secara manual oleh pengiklan.
  5. Kurangnya Data Analytics – Karena sampai saat ini facebook masih sulit untuk bisa terintegrasi dengan Google Search console, ataupun Analytics karena Facebook masih menggunakan data analytics tersendiri untuk perhitungan pengguna.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, kamu bisa mengikuti kurus atau bootcamp Digital Marketing mengenai Facebook Ads, yang mana akan mengajarkan kamu soal mempromosikan produk secara digital.

Related posts