Advertorial

Cara Menjaga Kesehatan Gigi pada Anak

Heyaiz Written by Heyaiz · >
Cara Menjaga Kesehatan Gigi pada Anak

Cara Menjaga Kesehatan Gigi memanglah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Baik untuk anak-anak, sampai orang dewasa sekalipun. Karena, dengan menjaga kesehatan gigi, tentunya hal ini bisa membuat area mulut kita tetap sehat.

Karena terkadang, kesehatan gigi yang kurang baik juga bisa menyebabkan kerusakan pada gigi itu sendiri, belum lagi bau mulut yang kerap kali membuat orang merasa tidak pede atau kurang percaya diri.

Maka dari itu, menjaga kesehatan gigi bisa dilakukan sejak dini. Terlebih pada anak-anak, sebab anak-anak senang mengkonsumsi makanan yang manis ataupun mengandung gula. Tentunya, hal ini bisa menyebabkan gigi berlubang dan berkarang.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi pada Anak

Oleh sebab itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gini pada anak, untuk mencegah kerusakan gigi yang lebih lanjut. Seperti

Ajarkan Anak untuk Sikat Gigi Sebelum Tidur

Berbicara soal menyikat gigi, mungkin sebagian dari kita sudah tak lagi asing mendengar kalimat ‘Sikat gigi sebelum tidur’. Yaps, hal ini memang sangat dianjurkan oleh para ahli dan juga dokter gigi.

Hal ini dikarenakan, ketika anak tertidur, sisa-sisa makanan, minuman dan bakteri yang ada di gigi akan tetap hidup atau berkembang biak didalam mulut ketika tidur. Oleh sebab itu, sikat gigi sebelum tidur bisa mencegah perkembangan bakteri didalam gigi, yang menyebabkan kerusakan pada gigi.

Ajarkan Anak untuk Tidak Mengkonsumsi Makanan Manis Terlalu Banyak

Bicara soal anak kecil, mungkin kita sudah tau jika mereka memang menyukai makanan manis. Baik itu permen, kue, coklat, ataupun yang lainnya.

Namun, makanan manis yang dikonsumsi anak secara berlebih, bisa menyebabkan gigi berlubang pada anak. Maka dari itu, penting bagi kita sebagai orang tua untuk memberikan edukasi, atau pengertian tentang apa yang akan terjadi jika sang anak mengkonsumsi makanan manis terlalu banyak.

JIkapun kita ingin memberikan makanan manis kepada anak, batasi jumlahnya. Walaupun terdengar sederhana, namun hal ini bisa menjadi salah satu cara mencegah gigi berlubang pada anak.

Gunakan Pasta Gigi Khusus untuk Anak

Kandungan didalam pasta gigi yang berperan penting dalam menjaga enzim dan juga kesehatan gigi yang kita ketahui saat ini adalah flouride. Namun siapa sangka, jika ternyata pasta gigi yang kita gunakan, sebenarnya tidak boleh digunakan untuk anak-anak.

Sebab, pasta gigi untuk orang dewasa, memiliki rasa yang cukup pedas di mulut, dan mungkin saja mengandung zat lain, yang dikhususkan utnuk gigi orang dewasa. Oleh sebab itu, para orang tua harus mengetahui pasta gigi yang cocok untuk anak-anak dirumah.

Selain itu, pemilihan pasta gigi yang tepat sesuai usia anak, juga bisa membuat anak lebih rutin untuk menyikat gigi, bersama orang tua dirumah.

Kesimpulan

Menjaga Kesehatan Gigi memang sangat dibutuhkan sejak usia dini. Oleh sebab itu, mengajarkan kebiasaan baik seperti menyikat gigi dan menjaga kesehatan mulut, bisa menjadi cara mudah untuk membuat gigi tetap sehat dan kuat, hingga dewasa nanti.

Semoga bermanfaat.

Written by Heyaiz
User Whyred dan seorang content writer yang hobi ngopi, nongkrong, dan menikmati kehidupan yang fana. Tell me what you need, or leave me a messages Profile