Komputer dan Laptop

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format tanpa Kehilangan Data

Heyaiz Written by Heyaiz · >
Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format tanpa Kehilangan Data

Masalah Flashdisk / SD Card Minta Format saat dihubungkan di Komputer atau Laptop, adalah masalah yang sangat menyebalkan bagi penggunanya. Bayangkan saja, ketika ingin memindahkan data kedalam Komputer / Laptop, tiba-tiba media penyimpanan mendadak tidak bisa diaksess dan minta diformat begitu saja. Tentu, ini sangat mengecewakan.

Dan beberapa waktu lalu, hal ini sempat saya alami sendiri. Pada saat itu saya sedang mengerjakan project Foto dengan menggunakan kamera DSLR. Dan ketika ingin memindahkan data, ternyata SD Card yang saya gunakan mendadak tidak terbaca, dan malah komputer menyarankan untuk melakukan Format Disk.

Waduh, sudah dari pagi melakukan sesi pemotretan, sorenya tidak bisa dipindahkan datanya. Wah, masa iya sih harus mengatur jadwal lagi untuk melakukan sesi pemotretan ulang?

Kurang lebih, seperti ini notifikasi yang muncul ketika ingin mengaksess SD Card dari Kamera saya.

flashdisk minta format

Sampai akhirnya, saya mencoba untuk melakukan Googling untuk mencari pemecahan masalah saya. Dan ternyata, masalah yang ditemukan pada SD Card di Kamera saya adalah Partisinya tidak terbaca sebagai Partisi Penyimpanan. Biasanya, hal ini bisa dikarenakan oleh beberapa sebab, seperti :

  1. Kerusakan Pada SD Card / Flashdisk
  2. Terkena Virus

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format tanpa Kehilangan Data

Dari hasil Googling yang saya dapat, ada beberapa cara yang disarankan, seperti melalui command prompt. Seperti berikut ini

  1. Jalankan CMD / Command Prompt
  2. Ketikkan perintah CHDSK Directory Flashdisk / SD Card /R (Misal, CHDSK I:/R) kemudian Enter
  3. Kemudian, tunggu hingga prosessnya selesai, lalu cabut Flashdisk / SD Card yang terhubung dengan Komputer/Laptop, dan hubungkan kembali.

Catatan : perintah R pada CMD adalah command untuk melakukan Repair.

Namun apa yang saya dapat? Ternyata cara diatas tidaklah berfungsi dengan semestinya. Dan pilihan saya tinggal 2, Yakni terpaksa melakukan Format Disk, atau melakukan Recovery Data.

Mengatasi Flashdisk Minta Format dengan iCare Data Recovery Pro

Sampai Akhirnya, saya memutuskan untuk menggunakan Recovery Data dengan menggunakan Aplikasi iCare Data Recovery Pro untuk membackup data yang ada didalam SD Card (yang tidak bisa diaksess).

Tampilannya seperti berikut ini.

Sedikit penjelasan soal Menu menu yang ada pada Aplikasi ini.

  • Deleted File Recovery – Bisa digunakan untuk melakukan recovery pada sebuah data yang terhapus dan masuk kedalam Recycle Bin.
  • Deep Scan Recovery – Digunakan untuk melakukan Scanning secara mendalam pada sebuah Penyimpanan yang mana file nya terhapus, terformat, atau bahkan kehilangan data karena lain hal.
  • Raw Drive Recovery – Digunakan untuk melakukan Recovery pada sebuah Partisi yang terhapus, partisi yang tidak terformat, atau bahkan pada partisi yang tidak teroganisasi.

Lantas, menu apa yang saya gunakan untuk merecovery data dari SD Card yang minta di Format?

Saya menggunakan Deep Scan Recovery. Seperti yang ditulis diatas, masalah SD Card / Flashdisk minta Format yang saya alami disini, disebabkan karena Partisi tidak terbaca, sehingga saya mencoba menu yang tengah tersebut.

Setelah kamu memilih menu Deep Scan Recovery, maka kamu diminta untuk memilih Drive atau penyimpanan mana yang mengalami Error minta Format tadi. Setelah itu kamu tinggal menekan tombol Next, dan menunggu sampai prosessnya selesai.

pada bagian scanning dan pengembalian data setelah di recovery, saya tidak sempat melakukan screenshoot sebagai bukti bahwa cara yang saya gunakan berhasil. Sebab, pada saat itu saya sudah terlalu panik dan bingung harus bagaimana.

Untuk proses scanning nya sendiri cukup memakan waktu, tergantung dari Size dan banyaknya File yang ada didalam Flashdisk/SD Card yang kamu miliki.


Kedua cara diatas sebenarnya tidak menjadi acuan bahwa kamu akan berhasil mendapatkan kembali data dari Flashdisk/SD Card yang minta diformat.

Semua tergantung dari seberapa parah penyimpanan External kamu mengalami kerusakan. Seperti yang saya alami, masalah ini muncul sebab sebelumnya saya masih bisa menggunakan SD Card dengan Normal, dan kondisi SD Card pun masih terbilang baru digunakan sektiar 1 / 2 hari.

Maka dari itu, kamu bisa terlebih dulu mencoba 2 cara diatas, untuk mengembalikan datanya.

Cara Opsional (Bonus)

Sebelum kamu mencoba kedua cara diatas, atau mungkin kamu sudah mencoba kedua cara diatas namun tak jua membuahkan hasil, kamu bisa menggunakan Komputer/Laptop lain untuk melakukan percobaan dengan menghubungkan Flashdisk/SD Card yang kamu miliki.

Siapa tau, jika di Komputer/Laptop lain, ternyata Flashdisk/SD Card kamu bekerja dengan Normal.

Akhir Kata

Itu dia ulasan sederhana dan pengalaman saya dalam mengatasi Flashdisk/SD Card minta Format. Jika mungkin kamu pernah mengalami hal yang sama, mungkin kamu bisa mencoba salah satu cara diatas. Semoga bermanfaat.

Written by Heyaiz
User Whyred dan seorang content writer yang hobi ngopi, nongkrong, dan menikmati kehidupan yang fana. Tell me what you need, or leave me a messages   Profile    Follow Me    Leave me a messages    Buy me a Coffee
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com