Digital Marketing

Hal yang Harus Kamu Tau Sebelum Memulai Bisnis Online

Written by Heyaiz · >
Memulai Bisnis Online

Pada era serba digital saat ini, kita sering kali menemukan banyak para pelaku bisnis yang bermigrasi untuk memulai bisnis online. Baik itu di sebuah website, ataupun platform social media.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam hal ini. Namun, yang paling sering ditemukan adalah menjual sebuah produk, ataupun mempromosikan brand yang dimiliki.

Siapapun bisa memulai bisnis online nya masing-masing. Tentunya tak lepas dari beberapa faktor yang harus dipelajari terlebih dahulu dalam hal ini. Seperti

Mempelajari Teknik Digital Marketing

Digital Marketing atau Pemasaran digital adalah salah satu cara yang sering digunakan dalam melakukan bisnis online. Baik dengan menggunakan SEO pada Website, mempromosikan produk lewat Sosial Media Marketing, atau bahkan dalam sebuah artikel yang disebut dengan Content marketing.

Tentunya, cara ini bisa menjadi pondasi dasar dalam membangun sebuah bisnis online di era digital saat ini.

Melakukan Riset Produk

Lewat riset produk, kamu bisa mengetahui apa saja sih, produk yang saat ini banyak dicari oleh calon konsumen? Apa saja sih, barang yang saat ini dibutuhkan oleh calon konsumen?

Dari riset produk yang kamu lakukan, ini bisa menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dalam memasarkan produk yang kamu miliki.

Tapi juga peru diingat, kompetitormu pasti ada yang sudah memasarkan produk yang sama. Maka dari itu, kamu harus bisa memberikan produkmu dengan desain atau visual konten yang berbeda. Baik itu ditambahkan watermark, ataupun foto produk yang menarik minat konsumen.

Pelajari Algoritma di Tiap Platform

Taukah kamu bahwa tiap platform tentunya memiliki algoritma yang berbeda juga. Seperti misalnya website, maka kamu harus lebih dulu tau soal algorima Google bekerja, sehingga bisa meranking websitemu di halaman pertama Google.

Tentunya, platform lain seperti social media juga memiliki algoritma yang beragam. Baik itu Instagram, Facebook, Twitter, ataupun Youtube.

Maka dari itu, kamu tidak bisa sembarang memposting produk atau brand begitu saja, kamu juga harus mengetahui dulu, bagaimana algoritma mereka bekerja.

Cerdas dalam Melakukan Social Sharing

Memiliki bisnis online tanpa social sharing rasanya akan kurang lengkap, ya. Maka dari itu, kamu harus benar-benar jeli dan pintar dalam membagikan produkmu didalam sebuah platform social media.

Misal, kamu menjual produk berupa kaos polo, maka kamu harus menyertakan caption ataupun deskripsi daripada produkmu, ketika membagikannya di social media. Jika kamu hanya membagikan produkmu tanpa keterangan atau caption yang jelas, tentunya calon konsumen mu tidak akan mengerti soal produk yang kamu jual.

Dan lebih buruknya lagi, produk yang kamu bagikan hanya akan dianggap spam oleh masing-masing platform social media.

Itu dia beberapa kiat sederhana yang harus kamu perhatikan ketika memulai bisnis online. Gimana, tertarik buat mencobanya?

5/5 - (1 vote)
Written by Heyaiz
Lagi belajar jadi Stoikis, dan nurunin ekspektasi atas apapun. Profile