Content Marketing, Gadget

Aplikasi Notes Terbaik di Android dan iPhone

heyaiz Written by heyaiz · 2 min read >
aplikasi notes

Aplikasi Notes atau catatan sering kali digunakan pengguna ponsel pintar untuk mencatat kegiatan mereka. Selain itu, notes juga berguna untuk menulis rangkuman atau poin penting, baik dalam hal pekerjaan, dan sebagainya.

Sejatinya, tiap  smartphone memiliki aplikasi notes bawaan masing-masing. Tapi, tidak semua  smartphone memilikinya. Maka dari itu, banyak pengguna  smartphone yang menggunakan aplikasi notes alternatif, untuk perangkat mereka.

Lalu, apakah aplikasi notes pihak ketiga memiliki fitur yang lebih lengkap, daripada aplikasi notes bawaan? Tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kali ini, saya akan memberikan rekomendasi aplikasi catatan atau notes, yang bisa kamu unduh untuk  smartphone kamu. Baik itu Android, ataupun iOS.

Keep Notes Google

Aplikasi notes satu ini merupakan andalan saya. Keep Notes memiliki sistem  syncronize dengan email. Sehingga, kamu bisa menyimpan catatan, dan membukanya di lain perangkat. Baik itu di  smartphone Andoid, ataupun  extension Google Chrome.

Selain itu, tampilan dari Keep Notes bisa kamu ganti dengan  dark mode. Sehingga, ini cocok banget buat kamu yang senang dengan mode gelap. Meski Google Keep di  develop oleh Google, untuk kamu pengguna iPhone, kamu tetap bisa meng- install aplikasi ini di App Store.

Kamu juga bisa menyisipkan gambar, link, dan juga list, didalam catatanmu. Sehingga, ini akan lebih mudah digunakan, ketika membuat draft artikel untuk website yang kamu kelola.

iA Writer

Untuk sebagian blogger atau pemilik forum, mungkin kamu sudah tidak asing dengan kata  markdown. Seperti aplikasi berikut, iA Writer adalah Markdown Apps yang ditujukan untuk kamu, yang sedang berada diluar jangkauan laptop atau komputer, namun harus menulis artikel untuk website yang kamu kelola.

Baca Juga  Buat Visual Konten yang Menarik lewat Situs ini

Markdown sendiri adalah pemformatan khusus yang sering digunakan pada beberapa website khusus. Tentunya, perintah  text formating yang digunakanpun sedikit berbeda. Jika kita harus menuliskan perintah <i> dan </i> untuk membuat huruf  italic, maka Markdown hanya membutuhkan perintah * di awal dan akhir kalimat yang ingin dijadikan italic.

Saat inipun, saya menulis artikel ini menggunakan iA Writer di perangkat Android saya. Untuk pengguna iPhone, iA Writer juga tersedia di App Store. iA Writer juga sudah mendapatkan tanggapan yang positif dari beberapa media besar, seperti The New York Times.

Dan kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, adalah auto text correction  (pada bahasa inggris) yang membantu kamu meminimalisir typo ketika membuat catatan.

Dan tak usah khawatir soal auto-save pada iA Writer. Aplikasi ini akan otomatis menyimpan draft tulisanmu, sekalipun kamu tidak mengakses perintah save, dan langsung menekan tombol  back.

Oh iya, iA Writer juga dapat di  syncronize dengan beberapa media  cloud. Seperti DropBox, dan juga Google Drive, dan melakukan Online Collaboration dengan pengguna iA Writer lain, untuk melakukan editing secara real time dan bersamaan.

Evernote

Tak dipungkiri lagi memang. Evernote sudah sangat dikenal oleh pengguna Andoid atau PC dan Laptop, untuk menunjang aktivitas menulis mereka.

Evernote dilengkapi dengan banyak sekali fitur didalamnya. Mulai dari  syncronize di antar perangkat berbeda, membuat jadwal atau event, dan juga hal lain didalamnya.

Evernote juga memiliki performatan HTML yang bisa kamu gunakan didalam nya. Sehingga, aplikasi ini sering digunakan dalam kegiatan Blogging, atau membuat Artikel.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Google Playstore untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iPhone. Dan jangan lupa untuk melakukan sign up atau daftar, agar lebih mudah untuk melakukan sinkronisasi pada catatanmu.

Baca Juga  Cara Memutar Lagu Spotify di Discord

Bahkan di sebgaian negara besar, Evernote sering digunakan untuk urusan pekerjaan. Sebab fitur yang lengkap sangat membantu pekerjaan mereka. Seperti menambahkan foto / gambar, tabel, list, dan lain hal.

Telegraph X

Aplikasi yang satu ini di  develop oleh pihak Sprouut.team, yang mana mengharuskan kamu untuk melakukan Login, dengan menggunakan Akun Telegram.

Telegraph X sendiri sangat cocok untuk kamu para Blogger, ataupun kamu yang senang membuat artikel. Tampilannya sangat sederhana dan mudah untuk digunakan, bahkan jika kamu juga bisa mengerti soal coding, kamu bisa men- develop aplikasi ini lagi, dengan versimu.

Sebab, Telegraph X merupakan aplikasi Open Source. Tak sampai situ saja, kamu juga bisa mengakses Telegraph X secara online di browser kamu, lewat link telegra.ph yang tidak membutuhkan login ataupun daftar.

Karena pihak developer memberlakukan sistem Anonymously, yang mana tidak menampilkan data diri si penulis, tapi bukan masalah. Sebab kamu bisa melakukan editing pada Author name, dan juga Title pada artikel yang kamu buat.

Kamu juga bisa melakukan  syncronize data lewat bot telegram yang disediakan pada link telegram.me/telegraph dan kamu juga bisa menyisipkan gambar, link, dan juga video youtube didalam artikel yang kamu buat. Bagaimana, menarik bukan?

Dan akhir kata, itulah beberapa rekomendasi Aplikasi Notes yang bisa saya bagikan. Jika kamu tertarik, kamu bisa mencoba salah satunya dan menjadikannya sebagai aplikasi notes terbaik yang kamu miliki.

Written by heyaiz
Seorang content writer pemula yang hobi ngopi, nongkrong, dan menikmati kehidupan yang fana. Punya akun Instagram, dengan username @heyaiz Profile