Digital Marketing

4 Tips Dalam Membuat Blog untuk Pemula

Written by Heyaiz · >

Tiap pemilik blog, pasti menginginkan blog mereka mendapatkan traffic dan juga menempati posisi pertama di halaman pecari Google. Tentunya, hal ini tak lepas dari bagaimana mereka memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan penghasilan lewat blog yang mereka bangun.

Maka dari itu, ada banyak sekali teknik dan juga cara yang digunakan, untuk mengisi blog mereka, terutama adalah membuat artikel yang menarik, yang menjadi pemecahan masalah dari para pengguna internet dengan mencari solusi lewat Google.

Nah, untuk sebagian blogger pemula, mungkin hal ini akan terdengar sulit. Sebab, mereka tidak memiliki basic atau pengetahuan dasar yang tepat dalam membuat blog.

Di artikel kali ini, kita akan membahas seputar 4 tips yang bisa digunakan untuk blogger pemula. Apa sajakah itu?

Mengutamankan Konten

Konten adalah raja. Yaps, slogan ini sering kali ditulis atau diucapkan oleh para petinggi SEO yang sudah mendalami dunia Blogging sejak lama. Adapun pengertian dari slogan ini menunjukkan, bahwa artikel yang kamu buat, adalah kunci dari kesuksessan blog mu untuk muncul dihalaman pertama.

Oleh karena itu, kamu harus menyajikan artikel dengan kualitas yang baik, serta juga mencakup hal-hal yang disenangi Google. Baik itu dari jumlah kata yang digunakan, dan penjelasanmu didalam artikel yang dibuat, harus memiliki value didalamnya.

Selain itu, penggunaan Heading pada artikel bisa membantu kamu memperjelas maksud dari artikel yang kamu buat. Dan ini bisa membuat indexing dari Google akan semakin baik lagi tentunya.

Manfaatkan Social Media

Sudah tak dipungkiri lagi memang. Saat ini, sudah banyak para pengguna ponsel pintar yang menggunakan social media untuk terhubung dengan pengguna lain, dan juga mendapatkan informasi terbaru, tentang dunia.

Kamu bisa membagikan artikelmu di beberapa platform social media yang saat ini diminati oleh pengguna, seperti Facebook, ataupun Twitter.

Namun bukan tanpa aturan, dalam membagikan artikel di sosial mediapun, kamu harus bisa menyertakan sedikit deskripsi ataupun caption. Hal ini bisa membantu kamu agar tidak dideteksi oleh spam oleh platform social media, ataupun pengguna social media itu sendiri.

Tingkatkan Konsistensi Artikelmu

Dalam membangun sebuah blog, mungkin kita akan sering kali dihadapkan dengan rasa malas dan juga writers block (mentok dalam mencari ide). Namun, hal-hal ini tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak konsisten dalam membangun blog.

Kamu bisa membuat jadwal tersendiri untuk melakukan posting, buatlah jadwal 1 hari 1 post atau berapapun yang kamu mampu targetkan. Ini bisa membantu kamu dalam memproduksi artikel, dan membuat blogmu tetap up to date pastinya.

Jangan Gunakan Teknik Black Hat

Teknik Black Hat adalah cara SEO yang saat ini sangat tidak dianjurkan untuk para pemilik blog. Nah, contoh dari teknik black hat yang sering banget dipakai adalah spamming.

Mungkin sebagian pemilik blog akan merasa terlalu lama dalam menunggu proses indexing dari Google, maka mereka berfikiran bahwa dengan melakukan spamming, blog mereka bisa meroket naik di halaman pertama Google.

Padahal, jika kamu terus melakukan cara Black Hat ini, harapan untuk websitemu muncul pada halaman pertama akan sirna begitu saja, dan alhasil, kamu akan terkena penalty dari Google sebab melakukan spamming.

Itu dia beberapa kiat sederhana yang bisa kamu terapkan bagi para blogger pemula, ataupun yang ingin memulai untuk membuat blog. Semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu ya.

5/5 - (2 votes)
Written by Heyaiz
Lagi belajar jadi Stoikis, dan nurunin ekspektasi atas apapun. Profile