Android, Gadget

Cara Buka Livin’ by Mandiri Gold di HP Root

Written by Heyaiz · >
Cara Buka Livin' by Mandiri Gold di HP Root

Cara Buka Livin’ by Mandiri Gold / Kuning di HP Root bisa kamu lakukan dengan mudah agar tidak terdeteksi root, ketika hendak membuka Livin’ by Mandiri.

Bicara soal aplikasi banking, mungkin saat ini kita sudah tidak asing dengan hal yang satu ini. Terlebih, saat ini semua pengguna sudah menggunakan smartphone untuk segala aktivitas mereka.

Karena memang, dengan adanya aplikasi banking di smartphone ini, kita bisa melakukan segala jenis transaksi keuangan dengan mudah.

Salah satu bank yang saat ini cukup dikenal dengan aplikasi banking nya adalah Mandiri.

Sebagaimana kita tau, Bank Mandiri memang sudah cukup lama ada di Indonesia, dan memiliki banyak nasabah setia. Mulai dari untuk membuka rekening pribadi, ataupun rekening tabungan lain.

Penulis sendiri sudah menggunakan Mandiri sejak 2018 untuk kebutuhan pekerjaan dan lain hal.

Hanya saja, untuk beberapa hal mengenai aplikasi banking dari Mandiri ini, agak sedikit ‘menyulitkan’ para pengguna smartphone yang sudah me-root ponsel mereka.

Karena memang pihak Mandiri tidak mengizinkan aplikasinya berjalan, pada perangkat yang sudah di modifikasi (root) dengan alasan keamanan.

Walaupun demikian nyatanya tak semua aktivitas root masuk dalam kategori berbahaya. Sebab, tentunya para pengguna memiliki alasan tersendiri mengapa mereka melakukan root.

Sebelumnya, saya juga sempat menulis artikel tentang Cara Buka Livin’ by Mandiri di HP Root yang mana untuk versi lama atau Livin’ by Mandiri berwarna biru.

Sampai akhirnya, pihak Mandiri melakukan developing atau update dari Livin’ by Mandiri Biru, menjadi Livin’ by Mandiri Gold.

Sebenarnya untuk versi lama ataupun baru, keduanya masih memiliki fungsi yang sama. Hanya saja, untuk di versi Gold ini, kamu akan mendapatkan pembaruan fitur yang tidak ada pada versi lama. Seperti

Fitur Livin’ by Mandiri Gold (New Livin’ by Mandiri)

  • Intip Saldo (bisa lihat saldo tanpa harus login)
  • Kemudahan top up e-wallet
  • Buka Tabungan secara online lewat Aplikasi
  • Tarik Tunai tanpa Kartu
  • Terhubung dengan e-wallet

Tentunya masih ada lagi beberapa kelebihan dari Livin’ by Mandiri Gold yang bisa kamu coba. Karena, penulis sendiri merasa terbantu dengan adanya fitur Intip saldo, dan transfer ke lain bank dengan biaya yang lebih murah (antara 2.500 – 6.500)

Namun kembali ke topik awal tadi, penulis sendiri sempat merasa kesulitan ketika hendak mencoba aplikasi New Livin’ by Mandiri. Terlebih, saya sudah melakukan root.

Sampai akhirnya, saya menemukan cara untuk membuka aplikasi Livin’ by Mandiri Gold, pada perangkat yang sudah di root. Namun, ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Seperti

Setelah semuanya siap, maka kita bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

Cara Buka Livin’ by Mandiri Gold / Kuning di HP Root

Dan pada kesempatan kali ini, saya akan coba untuk memberikan kamu step atau tahapan untuk Cara Buka Livin’ by Mandiri Gold / Kuning di HP Root.

Persiapan

  • Ponsel / smartphone sudah di root dengan menggunakan Magisk terbaru
  • Menginstall module Riru*
  • Menginstall module Riru LSPosed*
  • Menginstall xPrivacyLua

*Untuk Riru dan LSPosed, bisa kamu install didalam Magisk.

Pertama – Setelah semuanya siap, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke Magisk > Settings > Hidupkan pada MagiskHide, dan juga Ubah package name Magisk

hide magisk manager agar tidak terdeteksi root

Kedua – Klik pada bagian Module yang ada di bawah sebelah kanan, dan klik pada tombol pencarian yang ada di pojok kanan bawah

Ketiga – Lalu, cari module yang akan di install. Yaitu Riru, dan Riru LSPosed. Instal sesuai urutan yang berlaku, yaitu

  1. Riru > Install > Back
  2. Riru LSPosed > Install > Reboot

Dan jika sudah, maka kamu akan melihat adanya shortcut dari LSPosed yang berwarna pink seperti berikut.

prosess install riru dan riru lsposed

Keempat – Buka LSPosed yang sudah terinstall tadi, lalu klik pada Repository, lalu cari xPrivacyLua

buka lsposed dan cari module xprivacy lua di repository

Kelima – Setelah itu, klik pada module xPrivacyLua, dan klik pada tab Releases, dan klik pada button Assets

klik pada privacylua dan pilih releases

Keenam – Nantinya akan muncul nama file dari xPrivacyLua, klik pada nama file tersebut, dan buka menggunakan browser yang kamu punya, sampai kamu diarahkan untuk mendownload dan menginstall aplikasi xPrivacyLua

download xprivacylua

Ketujuh – Setelah prosess installasi selesai, kamu bisa membuka kembali LSPosed, dan kemudian mengklik pada tab Modules, dan pilih pada xPrivacyLua

klik pada tab module lalu pilih xprivacylua

Kedelapan – Setelah itu, aktifkan Module xPrivacyLua dan pilih pada 2 komponen yang di rekomendasikan, setelah itu restart perangkat kalian.

Dan jika sudah, buka xPrivacyLua, dan kemudian cari aplikasi Livin’ by Mandiri Gold

aktifkan module xprivacylua, restart, lalu buka xprivacylua

Kesembilan – Setelah memilih Livin’ by Mandiri, kamu bisa memberikan ceklis pada 3 permission penting yang harus kamu tandai. Seperti

  • Determine Activity
  • Use Analytics
  • Use Tracing
atur permission livin' by mandiri di xPrivacyLua agar bisa di buka di hp root

Terakhir – Setelah ketiganya ditandai seperti gambar diatas, maka langkah terakhir adalah kamu bisa back lalu coba buka aplikasi Livin’ by Mandiri Gold kamu.

berhasil membuka livin by mandiri gold / kuning di hp root

Sampai sini, kamu sudah berhasil untuk membuka Livin’ by Mandiri Gold di HP Root, dan kamu bisa mendaftarkan kartu debit Mandiri kamu, agar bisa login dan menggunakan aplikasinya seperti biasa.

FAQ

Kenapa Livin’ by Mandiri Gold menjadi stuck atau not responding?

Untuk beberapa kasus, hal ini memang sering terjadi. Jika mungkin terjadi di kamu, bisa jadi ada kesalahan pada Magisk, atau mungkin ada module Magisk lain yang menghalangi LSPosed, dan xPrivacyLua . Adapun hal lain yang mempengaruhi hal ini bisa dari versi magisk, OS Smartphone, dan lain sebagainya.

Apakah cara ini bisa digunakan pada Livin’ by Mandiri biru (versi lama)

Tidak bisa.

Apakah ini Aman?

Tentunya aman. Karena memang, sekalipun root sendiri kerap dianggap berbahaya untuk beberapa apps banking, namun hal ini tidak berpengaruh dengan kebocoran data.

Apakah harus menggunakan versi Magisk terbaru?

Hal ini masuk dalam kategori opsional. Karena memang, tidak ada keterangan untuk versi Magisk yang digunakan, namun lebih baik menggunakan versi Magisk terbaru.

5/5 - (10 votes)
Written by Heyaiz
" Lagi belajar jadi Stoikis, dan nurunin ekspektasi atas apapun." Profile