5 Destinasi Wisata Kota Kebumen Yang Wajib Kalian Kunjungi

5 Destinasi Wisata Kota Kebumen
Photo by Tom Swinnen from Pexels

5 Destinasi Wisata Kota Kebumen – Kota Kebumen merupakan salah satu kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Tengah.

Kota Kecil ini menyimpan keberagaman yang unik, mulai dari bahasa keseharian yang digunakan, budaya, akan keindahan alam, dan tidak ketinggalan lagi dengan kuliner khas Kebumen sendiri.

Kenapa bahasa yang digunakan cukup unik?

Tentu saja bahasa keseharian anak muda Kebumen menggunakan bahasa ngapak (ora ngapak ora ke-penak), dan jangan salah, untuk bahasa Jawa halus pun masih digunakan, khususnya saat lawan bicara kita merupakan orang tua (siapapun orang tua itu, saat kita lebih muda, sopan santun berbahasa anak-anak Kebumen masih melekat).

5 Destinasi Wisata Kota Kebumen

Bagi kalian yang ingin ber-destinasi wisata ke daerah Kebumen, kami bakal rekomendasikan 5 tempat wisata di Kebumen yang terkenal akan keindahan alamnya. Seperti

Read More

Waduk Sempor

Waduk Sempor merupakan tempat wisata, yang dikelilingi perbukitan. Para warga Kebumen, pasti tidak bosan ke tempat satu ini, apalagi bagi anak-anak muda’nya yang suka santuy dan menikmati suasana keindahan alam yang masih asri.

Destinasi Wisata Kebumen Waduk Sempor
Waduk Sempor

Adapun beberapa fasilitas, untuk menelusuri keindahan waduk Sempor, seperti prahu kecil, yang bisa memuat 5-6 orang pengunjung dan juga kalian bisa sewa boat kecil, yang bisa dinaiki 1-2 orang.

Untuk harga tiket atau sewa perahu dan boat sendiri cukup murah, kalian cukup membayar dengan harga sepuluh ribu rupiah per-orang.

Waduk Sempor bukan terkenal akan ke asrian’nya saja, tempat wisata ini pun menyajikan makanan khas’nya sendiri, seperti tempe Mendoan, yang disajikan dengan segelas kopi panas, yang dapat memanjakan diri kita, tentunya.

Berapa harga tiket masuk, ke lokasi wisata Waduk Sempor?

Untuk kalian sebagai warga asli Sempor, tentunya masih gratis untuk memasuki tempat wisata tersebut.

Untuk harga tiket masuk, bagi warga dari luar daerah. Kalian cukup merogoh kantong, senilai lima ribu rupiah per orang, termasuk murah bukan?

Pantai Menganti

Kota Kebumen tidak hanya dikelilingi perbukitan saja, akan tetapi terdapat beberapa lokasi pantai, yang kalian wajib kunjungi termasuk pantai Menganti.

Tempat wisata yang satu ini, cukup terkenal diluar daerah Kebumen, karena keindahaan’nya yang sangat mempesona.

Apa saja keindahan dari pantai tersebut?

Destinasi Wisata Kebumen Pantai Menganti
Pantai Menganti

Kembali lagi kita disajikan dengan pemandangan alam, pantai dan bukit yang begitu indah.

Tentunya kita tidak cuma melihat perbukitan dipantai ini saja, akan tetapi kalian bisa ke-bukit tersebut untuk melihat suasana pantai yang begitu cantik dengan pasir putih yang dimilikinya.

Pada tempat wisata ini, juga terdapat sebuah Goa yang masih berdiri sampai sekarang ini, yang sudah ada sejak zaman era penjajahan Jepang.

Pada lokasi tersebut, sudah banyak warung makan, yang menjual berbagai aneka makanan. Termasuk tempe mendoan, pecel, dan tentunya seafood.

Untuk harga tiket masuk kalian cukup membayar tiga belas ribu rupiah per-orang.

Untuk menuju lokasi ke pantai menganti cukup mudah, akan tetapi kalo belum terbiasa, mungkin akan sedikit sulit. Dikarenakan jalan yang dilalui ke-lokasi tersebut, trip’nya sdikit naik turun.

Bukit Hood

Bukit Hood merupakan bukit yang sedikit menjorok ke pantai. Tempat ini memiliki ketinggian sekitar 150 mdpl, diatas permukaan.

Tempat wisata ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar daerah.

Destinasi Wisata Kebumen Bukit Hood
Bukit Hood

Pemandangan Bukit Hood memang sangat mempesona, pengunjung dapat melihat sunset dan sunrise dengan bentangan cakrawala yang luas, disertai langit berwarna biru.

kalian juga dapat berselfie ria diatas gardu kupu-kupu, dengan background pemandangan yang indah.

Untuk fasislitas sudah disediakan antara lain, tempat parkir, toilet, dan tempat untuk sholat.

Seberapa mahal, tiket masuk ke lokasi Bukit Hood? Untuk tiket masuk ke tempat wisata yang satu ini cukup terjangkau.

Bagi kalian yang ingin mencari makan, disinipun sudah tersedia warung-warung kecil yang menyediakan makanan khas dari daerah Karang Bolong.

Lokasi Bukit Hood sendiri, tidak jauh dari pantai Karang Bolong, sebelum pintu masuk pantai Karang Bolong, terdapat jalan kecil disebelah kanan, kalian cukup mengikuti jalan tersebut untuk menuju ke lokasi.

Pantai Surumanis

Pemandangan pada pantai yang satu ini, cukup memanjakan mata bagi para pengunjung.

Pantai Surumanis merupakan pantai yang memiliki pasir berwarna coklat, disamping itu, disekitar pantai ini pun terdapat batu karang dan perbukitan.

Destinasi Wisata Kebumen Pantai Surumanis
Pantai Surumanis

Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap antara lain, toilet, tempat makan dan tempat beribadah.

Untuk harga tiket masuk ke pantai surumanis cukup terjangkau.

Tempat wisata pantai surumanis terletak di desa Pasir, kecamatan Ayah. untuk perjalanan menuju lokasi tersebut cukup mudah.

Benteng Van Der Wijck

Tempat wisata Benteng Van der Wijck adalah lokasi sejarah yang wajib kalian ketahui.

kalian dapat mengulang sejarah pada masa penjajahan Belanda VOC, dengan melihat foto sejarah, yang terdapat di dalam gedung benteng tersebut.

Destinasi Wisata Kebumen Benteng Van Der Wijck
Benteng Van Der Wijck

Bukan hanya mengenai sejarah saja, pada tempat wisata yang satu ini, juga terdapat tempat rekreasi.

Adapun banyak tempat rekreasi antara lain, kreta diatas benteng, kolam renang, bebek air yang dapat kalian kayuh, dan kincir angin.

Untuk fasilitas sendiri, di tempat wisata ini cukup lengkap antara lain, toilet umum, taman bermain, tempat makan, dan juga terdapat tempat penginapan (hotel), di dalam area benteng Van Der Wijck.

Untuk memasuki tempat wisata ini kalian cukup membeli tiket seharga dua puluh lima ribu rupiah per-orang.

Benteng Van Der Wijck, buka setiap hari, mulai dari pukul 08:00 – 16:00 WIB.

Lokasi benteng Van Der Wijck tidak jauh dari wisata Waduk Sempor, yang berada di kecamatan Gombong.

Itu dia 5 tempat wisata di Kebumen yang tentunya harus kalian kunjungi, agar kalian tidak merasa rugi, pada saat sudah meninggalkan kota kecil ini.

5/5 – (2 votes)

SIMILAR POSTS

Related posts